Salin Artikel

Kenali, Manfaat Journaling untuk Kesehatan Mental

KOMPAS.com - Saat masih remaja, mungkin banyak di antara Anda yang terbiasa menulis buku harian untuk menumpahkan isi hatinya.

Rasanya pasti sangat menyenangkan bisa mengeluarkan isi dan pikiran kita. Namun setelah dewasa, banyak orang menghentikan kebiasaan tersebut.

Sebenarnya, menuliskan buku harian memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan mental.

Dalam dunia psikologi, menulis buku harian dikenal dengan istilah journaling. Mirip dengan menuliskan buku harian, saat menulis journaling Anda hanya perlu menuliskan isi pikiran dan perasaan agar kita bisa memahaminya dengan lebih jelas.

Journaling telah terbukti dapat membantu mengurangi stres, depresi, dan kecemasan. Selain itu, journaling jug membantu mengendalikan emosi dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Manfaat Journaling

Melansir Intermountain Healthcare, berikut berbagai manfaat jorunaling:

1. Mengurangi Stres

Stres yang berlebihan dapat merusak kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda. Ini terbukti.

Jurnal adalah alat manajemen stres yang luar biasa, kebiasaan yang baik untuk Anda yang mengurangi dampak stres fisik pada kesehatan Anda.

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menulis ekspresif (seperti membuat jurnal) hanya selama 15 hingga 20 menit sehari dalam tiga hingga lima kali selama periode empat bulan sudah cukup untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi hati.

Selain itu, menuliskan pengalaman yang membuat stres dapat membantu Anda mengelolanya dengan cara yang sehat.

Cobalah membuat jurnal sebagai kebiasaan meditasi sebelum tidur untuk membantu Anda bersantai dan menghilangkan stres.

2. Meningkatkan Mood

Ingin meningkatkan suasana hati? Cobalah membuat jurnal. Menulis jurnal terbukti dapat meningkatkan suasana hati Anda dan memberi Anda perasaan yang lebih baik tentang kesejahteraan dan kebahagiaan emosional secara keseluruhan.

3. Memperkuat fungsi emosional

Menulis jurnal memberikan kesempatan untuk katarsis emosional dan membantu otak mengatur emosi.

Menuslis jurnal juga membantu mengelola kesulitan dan perubahan pribadi, sekaligus menekankan pola dan pertumnbuhan penting dalam hidup.

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa menulis jurnal dapat membantu individu mengembangkan pola yang lebih terstruktur, adaptif, dan terintegrasi tentang diri mereka sendiri, orang lain, dan dunia.

Cara Menulis Jurnal

Agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari menulis jurnal, Anda bisa menerapkan langkah berikut:

1. Cobalah untuk menulis setiap hari

Sisihkan beberapa menit setiap hari untuk menulis. Ini akan membantu Anda untuk menulis di jurnal Anda secara teratur.

2. Siapkan alat tulis

Siapkan pena dan kertas setiap saat. Kemudian ketika Anda ingin menuliskan pemikiran Anda, Anda bisa segera melakukannya. Anda juga dapat menulis jurnal di ponsel cerdas Anda.

3. Tulis atau gambar apa pun yang ada di pikiran Anda

Jurnal Anda tidak perlu mengikuti struktur tertentu. Jurnal adalah tempat pribadi Anda untuk berdiskusi dan menciptakan apa pun yang Anda inginkan untuk mengekspresikan perasaan Anda.

Biarkan kata-kata dan ide mengalir dengan bebas. Jangan khawatir tentang kesalahan ejaan atau apa yang mungkin dipikirkan orang lain.

4. Gunakan jurnal Anda sesuai keinginan Anda. Anda tidak perlu membagikan jurnal Anda kepada siapa pun.

Jika Anda ingin berbagi beberapa pemikiran Anda dengan teman dan orang yang Anda cintai, Anda dapat menunjukkan kepada mereka bagian dari jurnal Anda.

https://health.kompas.com/read/2022/07/21/120000368/kenali-manfaat-journaling-untuk-kesehatan-mental

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.