Salin Artikel

7 Kondisi Kapan Polip Rahim Harus Dioperasi

Namun, jangan khawatir berlebihan. Tidak semua polip rahim perlu dioperasi. Di beberapa kasus polip rahim bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan atau tindakan medis tertentu.

Dilansir dari Drugs, jika ada kemungkinan polip rahim sembuh sendiri, dokter biasanya hanya memantau perkembangan penyakit.

Selain kondisi rahim penderita diperiksa secara berkala, penderita polip rahim juga dianjurkan untuk menjaga berat badannya agar tetap ideal dan hanya mengonsumsi makanan sehat.

Simak beberapa kondisi kapan polip rahim harus dioperasi yang perlu diketahui berikut ini.

Kapan polip rahim perlu dioperasi?

Ada beberapa kondisi yang membuat polip rahim harus dioperasi, di antaranya:

  • Bersifat ganas atau potensial berkembang menjadi prakanker atau kanker
  • Menyebabkan gangguan kesuburan atau susah hamil. Polip rahim bisa menghambat sel telur yang dibuahi untuk menempel ke rahim atau menghalangi leher rahim
  • Menyebabkan gejala polip rahim yang parah, seperti haid sangat banyak, haid lama, haid tidak teratur, sering flek atau pendarahan di luar jadwal haid, kerap pendarahan setelah berhubungan seks
  • Prolaps atau polip rahim tumbuh atau menutupi leher rahim dan menonjol keluar dari rahim
  • Menyebabkan komplikasi kehamilan
  • Muncul setelah menopause, sehingga rentan menjadi ganas
  • Polip rahim yang sudah sembuh kambuh atau tumbuh lagi

Jika wanita mendapati beberapa kondisi atau gejala polip rahim parah di atas, coba konsultasikan ke dokter untuk perawatan lebih lanjut mengatasi penyakit ini.

Mengenal operasi polip rahim

Disarikan dari Healthline dan Cleveland Clinic, ada beberapa jenis operasi polip rahim yang direkomendasikan dokter, di antaranya:

  • Polipektomi adalah operasi polip rahim sederhana untuk mengangkat polip rahim. Operasi ini dilakukan dengan bius lokal maupun total
  • Histeroskopi dan kuretase untuk melihat sekaligus menghilangkan polip rahim dengan alat histeroskop (teleskop kecil yang fleksibel). Alat ini dimasukkan lewat vagina dan leher rahim. Setelah lokasi polip terdeteksi, dokter menggunakan kuret untuk mengikis atau menghilangkan polip rahim
  • Histerektomi atau operasi pengangkatan seluruh rahim ketika polip rahim bersifat ganas atau potensial berkembang menjadi kanker rahim.

Setelah menyimak penjelasan kapan polip rahim harus dioperasi di atas, kenali juga beberapa jenis operasi polip rahim di atas.

https://health.kompas.com/read/2022/08/06/150500868/7-kondisi-kapan-polip-rahim-harus-dioperasi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.