Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali PHBS sebagai Cara Mencegah Covid-19 dan Cacar Monyet

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di tanah air belum selesai, disusul dengan virus cacar monyet yang menjadi kakhawatiran baru.

Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggaungkan untuk seluruh masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Berih dan Sehat (PHBS) sebagai cara mencegah Covid-19 dan cacar monyet.

Apa itu PHBS? PHBS didefinisikan sebagai semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi.

PHBS bisa mencakup:

Tindakan PHBS tersebut disarankan dilakukan seluruh masyarakat baik di rumah, sekolah, tempat kerja, dan ruang publik.

Dengan menerapkan PHBS, tujuannya untuk kita mampu menolong diri sendiri dan berperan aktif dalam mencegah penyakit menular yang menyebar di masyarakat, seperti Covid-19 dan cacar monyet.

"Sebenarnya poin-poin dari PHBS dapat mengendalikan dan mencegah penyakit menular secara efektif," kata Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Dr. Erlina Burhan dalam konferensi pers via zoom meeting pada Jumat (26/8/2022).

Pada pada Sabtu (20/8/2022), juru bicara Kementerian Kesehatan Dr. Mohammad Syahril juga telah menghimbau untuk menerapkan PHBS karena dapat menjadi cara mencegah penularan Covid-19 dan cacar monyet.

"Itu (penerapan PHBS) penting ditingkatkan bukan hanya untuk mencegah Covid-19, tapi semua penyakit menular," kata Dr. Syahrial menanggapi tentang cara mencegah kasus pertama cacar monyet di Indonesia menyebar lebih luas.

Ketua Satgas Cacar Monyet PB IDI Dr. Hanny Nilasari mengatakan bahwa cara mencegah infeksi penyakit secara efektif adalah dengan mengetahui cara penyebarannya.

"Kita harus tahu bagaimana cara penularan penyakitnya dengan begitu kita bisa mengerti tentang cara penularannya, yang bisa kita hindari untuk menjaga diri," ujar Dr. Hanny dalam konferensi pers via zoom meeting pada Jumat (26/8/2022).

Penyakit Covid-19 dan cacar monyet ini memiliki kesamaan dalam menginfeksi tubuh kita, yaitu bisa melalui:

  • Percikan ludah atau droplet
  • Kontak erat, seperti bersentuhan kulit atau mukosa yang telah terinfeksi
  • Bersentuhan dengan benda yang telah terinfeksi.

Oleh karena itu, menurut Dr. Hanny PHBS masih cukup efektif sebagai cara mencegah infeksi Covid-19 dan cacar monyet.

"PHBS penting untuk kita semua," ucapnya.

https://health.kompas.com/read/2022/08/26/153000668/kenali-phbs-sebagai-cara-mencegah-covid-19-dan-cacar-monyet

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke