Yoga, juga Bisa Deteksi Penyakit

Kompas.com - 23/04/2008, 17:36 WIB
Editor

SEJAK lama, yoga telah dikenal sebagai metode alternatif penyembuhan penyakit. Seni olah napas dan gerak ini, bukan hanya membuat bugar juga menyembuhkan penyakit, tetapi juga dapat mendeteksi apakah ada yang bermasalah dengan badan kita.

Seperti diterangkan salah seorang instruktur yoga, Ipung Purbo Santoso, dari gerakan-gerakan yoga kita dapat mengetahui gangguan apa yang dialami dengan cara merasakan sakit pada bagian tubuh baik organ dalam maupun luar.
 
 ¨Contohnya kita bisa mendeteksi kemungkinan darah rendah atau hipertensi ketika merasakan pusing pada saat melakukan gerakan menggantungkan kepala. Gangguan lambung juga dapat diketahui ketika kita sering sendawa saat yoga.  Tapi selalu lambung, sendawa ini juga diartikan pembuangan racun,¨ papar Ipung saat ditemui di sebuah Spa di Jakarta, Rabu (23/4).
 
Selain dapat mendeteksi penyakit, lanjut Ipung, yoga juga telah dikenal dengan efek terapi untuk penyembuhan penyakit. Dari  pengalamannya sebagai instruktur, Ipung telah banyak membantu para wanita untuk meredakan sakit datang bulan dengan cara yoga.

¨Jika dilakukan secara teratur yoga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Tapi khusus buat wanita, yoga juga dapat digunakan meringankan sakit haid.  Salah satu gerakannya adalah duduk bersila lalu merebahkan badan ke depan dan  tangan ke belakang.  Tahan sebisa mungkin dan kemudian badan ditegakkan,¨ papar Ipung.

Bila dilakukan rutin, gerakan ini dapat meminimalkan atau meredakan rasa sakit ketika haid. Meski begitu , gerakan ini tidak akan berarti banyak bila wanita memang mengalami gangguan atau penyakit pada organ vitalnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.