Cemburu Picu Gangguan Penglihatan

Kompas.com - 24/09/2010, 14:47 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com — Kata "cemburu buta" seperti tak sekadar istilah. Sebuah penelitian menyebutkan, cemburu bisa menyebabkan gangguan penglihatan pada wanita.

Hasil penelitian yang dilakukan University of Delaware menyatakan, wanita yang terbakar api cemburu terhadap pasangan akan sulit memfokuskan pandangan. Emosi yang dirasakan wanita tersebut ternyata berpengaruh pada kemampuannya melihat.

Steven Most dan Jean-Philippe Laurenceau dari University of Delaware melakukan uji coba ini pada pasangan heteroseksual. Hasilnya, makin tinggi tingkat cemburu yang dialami wanita, pandangannya pun makin terganggu. Obyek pandangan yang diberikan peneliti makin lama makin buram.

Sayangnya, penelitian ini hanya menguji efek rasa cemburu pada kaum wanita. Belum ada yang menguji efek rasa cemburu pada kaum pria. Yang jelas, hasil ini memperkuat hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan kalau emosi terlibat dalam sebuah hubungan, hak itu bisa memengaruhi kondisi fisik dan mental.

Yang jelas, para peneliti menekankan perlunya studi lebih lanjut mengenai hal ini. Diharapkan banyak penelitian lain bisa menjelaskan sebab akibat dengan lebih jelas. (mic)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.