Tinggal Dekat Bandara Berisiko Sakit Jantung

Kompas.com - 13/10/2010, 10:57 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com Para ahli mengingatkan orang-orang yang tinggal dekat lintasan pesawat terhadap bahaya penyakit jantung. Pasalnya, paparan suara bising yang berlangsung terus-menerus dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 30 persen.

Peringatan tersebut disampaikan peneliti dari Universitas Bern, Inggris. Mereka mengatakan, pesawat jumbo jet yang mendarat dan lepas landas bisa mengeluarkan suara bising melebihi 100 desibel atau setara dengan suara bising di bar. Bahkan, mesin pesawat jet saat take off mengeluarkan suara sebesar 140 desibel.

"Peningkatan risiko sakit jantung ini terutama terlihat pada orang-orang yang terpapar suara bising dan lamanya paparan," kata dr Matthias Egger, peneliti.

Sebelumnya, beberapa penelitian juga mengaitkan bahaya kesehatan yang  mengancam orang-orang yang tinggal dekat bandara. Selain polusi yang berasal dari mesin pesawat, polusi suara juga bisa mengakibatkan dampak buruk kesehatan, termasuk sakit jantung.

Dalam penelitiannya, Egger menggunakan data studi yang disebut Swiss National Cohort. Ia mengidentifikasi 15.532 kasus kematian akibat serangan jantung di Swiss antara tahun 2000 dan 2005. Para peneliti juga bisa mengetahui rekam jejak paparan bising dan kualitas udara pada setiap orang dalam 15 tahun terakhir.

Pada orang yang terpapar suara bising 60 desibel setiap hari, mereka memiliki risiko terkena serangan jantung 30 persen lebih tinggi dibanding dengan orang yang hanya terpapar suara bising 45 desibel (setara dengan suara percakapan manusia). Risiko untuk terkena serangan jantung meningkat hingga 50 persen jika suara bisingnya lebih tinggi dan lamanya paparan mencapai 15 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.