Kompas.com - 06/12/2012, 10:12 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Prof, saya adalah seorang perempuan. Akhir akhir ini, saya sering melakukan onani. Tetapi dalam beberapa bulan terakhir ini, saya sering telat datang bulan. Kadang, datang bulan saya sering mengalami kemunduran sampai 2 hari atau 3 hari. Yang saya mau pertanyakan, apakah onani yang saya lakukan berpengaruh pada siklus menstruasi saya? Apakah bahaya bagi vagina dan rahim saya? Terima kasih atas jawabannya. 

(Defa, 19, Malang)


JAWAB :

Aktivitas seksual, termasuk masturbasi, tidak berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Tetapi kalau masturbasi kemudian menimbulkan akibat psikologis, misalnya perasaan bersalah atau stres yang lama, ini dapat mengganggu siklus menstruasi.

Tetapi tentu saja faktor psikologis ini harus terjadi dalam waktu lama, tidak sesaat saja. Namun siklus menstruasi yang hanya bervariasi 2-3 hari bukan masalah dan tidak perlu dikhawatirkan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.