Kompas.com - 19/12/2012, 16:04 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Susu adalah sumber vitamin D dan kalsium yang baik, terlebih untuk anak. Akan tetapi, minum susu lebih dari dua gelas setiap hari tidak dianjurkan karena bisa menurunkan level zat besi dalam tubuh mereka.

Menurut penelitian di Toronto, Kanada, konsumsi dua cangkir susu setiap hari sudah optimal untuk pemenuhan gizi anak. Dalam penelitian terhadap 1.300 anak usia prasekolah diketahui konsumsi lebih dari dua cangkir akan menurunkan cadangan zat besi dalam tubuh anak sehingga mereka rentan anemia.

Vitamin D dan zat besi berperan penting dalam pertumbuhan anak. Zat besi punya peran vital dalam perkembangan kecerdasan, sementara  vitamin D terutama untuk kekuatan tulang.

Mengonsumsi tiga cangkir susu atau lebih diketahui akan mengurangi level feritin dalam darah. Meski begitu, levelnya masih tergolong normal untuk anak. Feritin sendiri mengindikasikan simpanan zat besi dalam tubuh. Makin banyak susu yang diminum, makin sedikit level feritinnya.

"Susu adalah sumber nutrisi yang penting untuk anak, tetapi pesan dari penelitian ini adalah terlalu banyak hal baik bisa berdampak sebaliknya," kata Jonathon L Maguire dari St Michael's Hospital di Toronto, Kanada.

Berapa jumlah susu yang boleh dikonsumsi anak memang tidak ada panduan, tetapi para dokter dalam The American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan konsumsi susu sapi pada anak tak lebih dari dua gelas sehari. Akan tetapi, anak yang minum susu kurang dari empat cangkir setiap hari (sekitar 1 liter) disarankan mengonsumsi suplemen vitamin D.

Maguire sendiri belum mengetahui apakah konsumsi susu akan menghambat penyerapan zat besi. Namun, ia menduga anak-anak yang terlalu banyak minum susu mungkin tidak cukup mendapatkan zat besi dari sumber lainnya.

Menanggapi hasil penelitian tersebut, dokter anak Steven Abrams, anggota komite AAP, mengatakan, orangtua tidak perlu cemas berlebihan mengenai jumlah konsumsi susu atau makanan lain asalkan anak setiap harinya mengonsumsi variasi makanan sehat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.