Kompas.com - 20/12/2012, 12:40 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kalau Anda yakin berlari di treadmill merupakan langkah efektif untuk menurunkan berat badan, pikir lagi. Menurut penelitian, berlari atau berjalan di treadmill hanya membakar kalori lebih sedikit dibandingkan dengan melakukannya di luar ruangan.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Strength and Conditioning Research itu dilakukan dengan mengamati energi yang dikeluarkan 14 orang muda. Perbandingan dilakukan antara berjalan di luar ruangan dengan di atas treadmill. Ternyata, berjalan di atas treadmill yang dimiringkan setara dengan energi yang dikeluarkan untuk berjalan di tempat landai di luar ruangan.

Menurut Luigi Fattorini, ketua peneliti, berlari di dataran yang tidak rata seperti di luar ruangan menghabiskan energi 10 persen lebih banyak dibanding berlari di treadmill. Selain itu, hambatan angin di luar ruang juga membuat kita mengeluarkan energi 5,5 persen labih banyak dibanding berolahraga di ruangan tak berangin.

Karena itu, untuk menyiasati agar kalori yang dibakar lebih banyak, naikkan derajat kemiringan saat berolahraga di treadmill.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.