Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2013, 11:37 WIB

TANYA :

Dok, saya adalah pria yang belum satu tahun ini menikah. Yang saya mau tanyakan, apakah ada hubungannya antara tingkat rasa cinta terhadap gairah seks. Kenapa ya seketika gairah bisa saya meningkat untuk melakukan hubungan intim, dan seketika juga nafsu atau gairah saya bisa menghilang. Apakah ini merupakan tanda-tanda gangguan libido? Terimakasih jawabannya Dok..!

(Alphi, 29, Bandung)


JAWAB :

Rasa cinta tentu berpengaruh terhadap gairah seksual. Demikian juga ikatan emosional lainnya. Tetapi bukan berarti tanpa rasa cinta tidak ada gairah seksual.

Tetapi hambatan gairah seksual dapat disebabkan oleh penyebab lain, tidak selalu karena hilangnya rasa cinta atau ikatan emosional lainnya.

Jadi banyak faktor yang mengakbatkan hambatan atau berkurangnya gairah seksual, yaitu kurangnya hormon testosteron, gangguan kondisi kesehatan, hambatan psikis terhadap pasangan, dan pengalaman seksual sebelumnya tidak menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com