Kompas.com - 27/03/2013, 07:46 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Bagi Anda yang menggemari jenis latihan aerobik yang bersemangat, kini hadir satu jenis latihan baru yang menyenangkan, yakni Bokwa. Olahraga kardio asal Afrika Selatan ini diklaim berbeda dari jenis latihan lainnya. Rutin melakukan bokwa bukan hanya membuat Anda lebih gembira dan bersemangat, tapi juga mampu membentuk tubuh.

Bokwa adalah salah satu latihan yang didasari gerakan tari yang mengombinasikan latihan kardio, kekuatan, dan kelenturan sekaligus. Bokwa dalam bahasa Afrika yaitu "bo" yang berarti tinju dan "kwa" yang merupakan tarian tradisional Kwaito.

Bokwa diciptakan oleh instruktur senam dan penari Paul Mavi di tahun 2000. Karena gerakan-gerakannya yang unik dan menyenangkan, popularitas bokwa dengan cepat menyebar ke negara-negara lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, negara-negara Asia, hingga tibalah di Indonesia.

Menurut trainer dari Gold's Gym Ponnie, bokwa baru dikenal oleh masyarakat Indonesia di awal tahun ini, namun sudah cukup digemari. Terutama bagi orang-orang yang mengikuti kelas kardionya. "Pertama kali ada di Gold's Gym, namun sekarang beberapa tempat sudah dapat dijumpai kelas bokwa," ujarnya di sela-sela pembukaan cabang Gold's Gym baru di Gadjah Mada Plaza, Selasa (26/3/2013).

Ponnie yang mendapat pelatihan langsung dari pencipta bokwa, sangat merekomendasikan bokwa sebagai variasi latihan kardio yang menyenangkan. "Bokwa menggabungkan beberapa latihan sekaligus, dan yang membuatnya menjadi fun adalah bokwa menggunakan angka, huruf, dan kata yang dapat peserta 'lukis' saat melakukan gerakan-gerakannya," tuturnya.

Bokwa dapat membantu dalam menyehatkan kardiovaskular, memperkuat otot, memperbaiki koordinasi gerakan-gerakan tubuh, dan menjaga fleksibiltas. Latihan ini dapat meningkatkan stamina dan membentuk tubuh Anda lebih baik. "Gerakan-gerakannya menyenangkan dan mudah diikuti," cetus Ponnie.

Dalam situs bokwafitness.com disebutkan bahwa gerakan-gerakan bokwa mengikuti struktur angka atau huruf, sehingga peserta tidak perlu menghitung langkah kaki seperti pada gerakan senam aerobik lainnya. Anda hanya perlu mendengarkan dan menikmati musiknya lalu bergeraklah bebas tanpa perlu mengikuti koreografi tertentu. Rasakan luapan energi dari peserta lainnya sehingga Anda pun ikut bersemangat.

Bokwa bisa diikuti siapa saja, mulai dari anak berusia 4 tahun sampai orang berumur 75 tahun, pria atau wanita. Karena gerakannya yang seru dan menyenangkan, Anda bahkan tak akan menyadari sedang membakar 1.200 kalori.

Jadi, tertarik mengikuti kelas bokwa?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.