Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2013, 15:35 WIB

Kompas.com - Orang yang sedang menjaga berat badannya biasanya langsung memusuhi camilan. Padahal, tak perlu takut terhadap makanan kecil. Jika Anda memilih makanan sehat dengan porsi yang terkontrol, camilan justru membantu mengendalikan rasa lapar di antara waktu makan. Sebagian besar orang malah makan secara berlebihan karena perut sangat kosong di jam makan.

Menurut Deborah Beauvais, juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, ada beberapa hal yang bisa dijadikan rambu agar keinginan ngemil tidak merusak program memiliki berat badan ideal. Selain ngemil di waktu yang tepat, jenis camilan juga sebaiknya diperhatikan. Camilan gorengan atau makanan tinggi lemak tentu harus dihindari. Simak kiat-kiat lainnya agar Anda tak merasa "berdosa" karena ngemil.

1. Ngemillah di saat Anda benar-benar lapar. Jangan biarkan rasa bosan atau frustasi "mengalahkan" Anda untuk makan. Sebaliknya, jika rasa tersebut datang, perbanyaklah aktivitas fisik seperti berjalan-jalan bahkan bertemu teman.

2. Berlatihlah untuk mengontrol porsi. Dua puluh delapan gram almond mentah (sekitar 23 butir) memiliki 160 kalori dan cocok untuk menunjang rencana makan sehat Anda. Namun jika Anda memakannya berlebihan, camilan sehat ini malah akan membuat Anda kelebihan kalori.

3. Berpikir kecil. Jangan berpikir sebungkus besar kue cokelat baru bisa memuaskan hasrat ngemil Anda. Penelitian menunjukkan, makan dengan porsi kecil pun sudah dapat memuaskan Anda.

4. Jangan terjebak pada kata-kata "bebas lemak" dan "tanpa gula". Bebas lemak, kata Beauvais diartikan dengan rendah kalori. Namun ada beberapa produk yang memasang label tersebut, jika dibandingkan dengan produk biasa ternyata perbedaannya tidak terlalu jauh. Maka Beauvais menyarankan, agar lebih teliti memilih produk.

5. Rencanakan waktu ngemil. Anda akan lebih tidak tergoda pada camilan manis di depan mata ketika Anda sudah membawa camilan sehat sendiri.

6. Jadwalkan waktu ngemil. Ngemil di antara waktu makan, terbukti dapat mencegah untuk makan berlebihan di waktu makan utama sehingga membantu menjaga berat badan.

Jadi, tidak takut ngemil lagi kan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com