Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2013, 09:13 WIB

TANYA :

Dokter saya mau tanya soal orgasme pada wanita, saya sudah 12 tahun menikah dengan tiga anak. Akhir -akhir ini istri saya (usianya lima tahun lebih muda dari saya) jika diajak berhubungan setelah 10 menit sering merasa kegelian yang hebat, dan dia lantas minta saya segera berejakulasi. Yang saya ingin tanyakan, apakah ini adalah tanda jika istri saya mengalami orgasme? Lalu kenapa hal ini baru terjadi setelah saya punya tiga anak (maksudnya kenapa istri saya sekarang lebih cepat orgasme)? Apakah ada pengaruh usia ? Terima kasih 

(Saifudin Sayuti, 41, Jakarta)


JAWAB :

Tanda orgasme secara fisik ialah kontraksi otot sekitar kelamin dan bahkan seluruh tubuh. Secara psikis tentu terasa nikmat dan senang ketika mencapai orgasme.

Dengan adanya tanda ini, mestinya Anda dengan mudah dapat mengetahui apakah istri Anda sedang merasakan orgasme atau tidak. Apalagi kalau masih menerima rangsangan seperti sebelumnya, perempuan dapat mencapai orgasme lagi, bahkan beberapa kali.

Setelah mencapai orgasme, tentu perasaan terangsang hilang. Kalau pada saat ini hubungan seksual dilakukan sementara istri tidak terangsang, maka yang muncul adalah rasa geli atau tidak nyaman. Mungkin inilah yang dialami oleh istri Anda.

Yang pasti ketika orgasme, perempuan merasakan nikmat dan senang, bukan merasakan geli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com