Kompas.com - 11/06/2013, 08:23 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, saya ingin menanyakan beberapa hal terkait  keamanan sunat laser. Apakah ini benar-benar apan dan  berapa lama proses penyembuhannya? Apakah sunat dapat memengaruhi ukuran penis?  Apakah ada hubungan antara kemampuan atau  daya tahan melakukan hubungan seks dengan sunat,  pasalnya saya takut  jika disunat  ada urat saraf  yang terpotong sehingga  fungsi seksual akan terganggu? Terima kasih atas jawabannya.

(Andre, 39, Surabaya)


JAWAB :

Mengenai sunat dengan cara laser, saya yakin aman-aman saja. Cara itu sebenarnya tidak berbeda dengan metode bedah biasa. Tetapi sunat dengan cara apapun tidak berpengaruh terhadap ukuran penis.

Jadi, bukan berarti setelah disunat, ukuran penis menjadi lebih besar. Demikian juga, sunat tidak berpengaruh terhadap kemampuan melakukan hubungan seksual.

Tidak juga terhadap lamanya terjadi ejakulasi. Tetapi sunat yang benar tidak akan mengganggu fungsi seksual.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.