7 Kegiatan Buang Waktu di Gym

Kompas.com - 20/06/2013, 11:17 WIB
SHUTTERSTOCK
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com -Pergi ke gym untuk berolahraga di tengah kesibukan seringkali tak mudah. Sayangnya, kesempatan emas pergi ke gym justru tak dimanfaatkan optimal lantaran banyak kegiatan buang waktu yang tanpa sadar kita lakukan. Apa saja kegiatan buang waktu tersebut?

1. Terlalu banyak mengobrol

Bersosialisasi dengan rekan kerap dilakukan di gym. Sebenarnya hal tersebut baik untuk menambah motivasi. Permasalahannya, ketika ada perbedaan durasi latihan yang dilakukan Anda dan rekan, hal itu dapat saling mengurangi efektivitas olahraga masing-masing individu. Maka, pastikan Anda dan rekan memiliki perencanaan olahraga yang sama agar efektif.

2. Santai dan lambat

Melihat-melihat majalah sambil berjalan di treadmill mungkin terdengar santai. Namun gym bukanlah tempat yang tepat untuk bersantai. Optimalkan waktu di treadmill dengan fokus berolahraga dan membakar kalori.

3. Tak punya rencana

Jika Anda pergi ke gym dan tak yakin dengan apa yang akan dilakukan, upaya coba-coba menentukan latihan yang tepat dapat membuang waktu. Maka sebelum pergi ke gym, sebaiknya rencanakan dulu latihan apa saja yang akan Anda lakukan.

4. Banyak istirahat

Menjaga denyut jantung stabil merupakan kunci sukses berolahraga. Terlalu banyak berisitirahat akan membuat denyut jantung tidak stabil, maka batasi istirahat di antara sesi latihan untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari olahraga.

5. Terlalu lama di ruang ganti

Jika tidak fokus, waktu di ruang ganti berpotensi menjadi distraksi utama dari rencana olahraga. Misalnya, membuka ponsel saat di ruang ganti bisa mengulur waktu mencari kaos kaki menjadi 20 menit, dan sebagainya.

6. Hanya gunakan alat/mesin

Mesin/alat tentu saja dapat membantu membentuk otot tertentu, namun jika terlalu sering Anda akan membuang waktu karena tidak melatihan otot secara keseluruhan. Maka selain menggunakan mesin, sebaiknya Anda juga melakukan gerakan yang melatih keseluruhan otot.

7. Tidak tahu apa yang dilakukan

Mencoba latihan baru tentu menjadi tantangan tersendiri. Namun jika tak mendapatkan instruksi maupun saran sebelumnya, bisa jadi malah menimbulkan cedera dan latihan tidak akan efektif. Sebaiknya pelajari dulu latihan yang akan dilakukan, seperti tujuan serta gerakannya untuk memperoleh manfaat optimal. Selain itu, Anda juga dapat mencoba dari tingkat dasar dulu sebelum ke tingkat selanjutnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X