Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2013, 10:03 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Dok, saya memiliki penyakit dalam yaitu keluhan asam lambung. Saya sudah lama mengalami penyakit ini, tetapi terkadang sembuh, terkadang kambuh lagi.  Apalagi beberapa hari ini, setiap pagi (subuh) saya kerap mengeluarkan air liur yg begitu banyak. Tanpa saya sadari, air liur itu terus keluar dari mulut saya. Ketika kambuh, rasanya sesak untuk bernafas dan bersendawa. Yang paling parahnya, perut saya terasa perih banget. Makanan apakah yang cocok saya makan, ketika asam lambung saya kambuh, Dok? Apakah asam lambung saya sudah parah? Terima kasih banyak dokter.

(Lusia, 26 tahun, 151 cm, 54 kg,  Medan)

JAWAB :

Saudari Lusia di Medan

Sebelum menjawab lebih jauh pertanyaan Sdri, dari keluhan yang Anda kemukakan, kemungkinan yang Anda alami adalah suatu keadaan di mana asam lambung Anda diproduksi berlebihan. Dan, asam lambung yang sangat diperlukan tubuh dalam proses pencernaan ini mengalami refluks, masuk ke dalam esofagus (tenggorokan). Dalam ilmu kedokteran dikenal dengan istilah GERD (Gastro Esofagheal Refluxs Disease)

Masuknya asam lambung ke dalam esofagus ini dapat menimbulkan gejala seperti yang Anda alami, seperti rasa panas, terbakar di dada, sendawa, kesulitan menelan, batuk, produksi air ludah yang berlebih, dan terasa masam. Karena pengaruh gravitasi, dan Anda berbaring, maka keluhannya sering dirasakan malam hari.

Kemudian, apa yang harus Anda lalukan sehubungan dengan keluhan yang sangat mengganggu ini?

Saran saya adalah, bahwa sebaiknya Anda konsultasi ke dokter Interniat atau konsultan gastrohepatogi di sana, untuk melacak lebih jauh penyakit dasar yang mungkin Anda alami.

Disamping itu, seperti diketahui bahwa penyakit ini penyebabnya tidak diketahui dengan pasti, tetapi gaya hidup, pola makan, dan beberapa faktor risiko dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalaminya. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+