Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2013, 16:57 WIB

TANYA:

Dok, kenapa anak saya sejak usia bayi sampai sekarang sudah menginjak 1,5 tahun sering betul mengalami sariawan di lidah. Kalo sudah sembuh pasti nanti muncul dan terus menerus seperti itu. Gimana cara mengatasinya dok? Memang sih anaknya tidak rewel tapi takutnya sariawan itu adalah gejala penyakit.
(Rika Isma, Kutai Timur)

JAWAB:

Sariawan di lidah dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti higiene mulut yang kurang terjaga, kekurangan/defisiensi vitamin C, faktor daya tahan tubuh yang belum optimal, adanya sumber penularan infeksi di sekitar dan faktor lainnya.

Sebagai pencegahan dapat dimulai dengan pemberian nutrisi yang lengkap dan optimal, imunisasi yang lengkap, pola hidup yang sehat, serta menjaga higiene mulut dan gigi dengan baik dan secara teratur sambil menghindari sumber penularan infeksi bila ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com