Kompas.com - 02/07/2013, 16:57 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok, kenapa anak saya sejak usia bayi sampai sekarang sudah menginjak 1,5 tahun sering betul mengalami sariawan di lidah. Kalo sudah sembuh pasti nanti muncul dan terus menerus seperti itu. Gimana cara mengatasinya dok? Memang sih anaknya tidak rewel tapi takutnya sariawan itu adalah gejala penyakit.
(Rika Isma, Kutai Timur)

JAWAB:

Sariawan di lidah dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti higiene mulut yang kurang terjaga, kekurangan/defisiensi vitamin C, faktor daya tahan tubuh yang belum optimal, adanya sumber penularan infeksi di sekitar dan faktor lainnya.

Sebagai pencegahan dapat dimulai dengan pemberian nutrisi yang lengkap dan optimal, imunisasi yang lengkap, pola hidup yang sehat, serta menjaga higiene mulut dan gigi dengan baik dan secara teratur sambil menghindari sumber penularan infeksi bila ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.