Kompas.com - 04/07/2013, 07:45 WIB
EditorAsep Candra


TANYA : 

Dok, bagaimana kalau kita sudah mengalami ketergantungan dengan obat pencahar? Apakah kita terkena sembelit seterusnya? Bagaimana caranya agar kembali normal lagi karena saya sudah makan buah-buahan seperti pisang dan pepaya tetap saja saya mengalami kesulitan. Kalo dulu ketika makan buah pisang atau pepaya saya masih bisa BAB. Apakah kebiasaan mengonsumsi obat pencahar itu baik? Kapan seseorang memang sudah saatnya harus meminum dan menghentikan obat pencahar. Terima kasih Dok… 

(Hani, 25, Tasikmalaya)

JAWAB :

Saudari Hani di Tasikmalaya

Sebelum saya menjawab pertanyaan Sdri lebih lanjut, Saya ingin tahu sebenarnya, apakah Sdri memang mengalami konstipasi atau sembelit sehingga Sdri harus menggunakan pencahar terus menerus?

Perlu Sdri ketahui adalah bahwa, berapa kali kita ke belakang, buang air besar, tidak sama bagi setiap orang, sangat bervariasi sekali, ada yang ke belakang 2-3 kali dalam sehari, sebaiknya ada juga yang ke belakang hanya 2-3 kali dalam seminggu.

Banyak orang beranggapan bahwa ke belakang itu harus setiap hari, bila tidak, tidak normal, atau mereka menduga bahwa mereka sudah mengalami konstipasi. Sehingga mendorong mereka menggunakan bermacam pencahar. Padahal, seperti saya singgung di atas, kebiasaan buang air besar tidak sama untuk setiap orang.

Seseorang baru dikatakan mengalami konstipasi atau sembelit jika buang air besarnya kurang dari 2-3 kali dalam seminggu. Sering mengalami BAB yang keras, harus mengejan yang kuat waktu BAB  juga merupakan tanda dari sembelit. Jadi, kalau sesekali Anda tidak BAB, atau BAB Anda keras, bisa saja itu masih dalam batas normal.

Kemudian, menjawab pertanyaan Sdri tentang ketergantungan dengan obat pencahar, bagaimana mengatasinya?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.