Kompas.com - 31/07/2013, 10:20 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Salam Dok......Saya susah untuk tertawa sudah 1 tahun dan sering mengalami sakit kepala yang sangat menusuk. Apakah gara-gara sakit yang saya derita, saya menjadi susah untuk tertawa?  Saya sering mengantuk, malas mengerjakan apapun itu. Tetapi saya bingung dok, apakah ini juga ada hubungan kolesterol dengan sakit kepala sehingga mengakibatkan masalah kejiwaan, misalnya susah untuk tertawa? Terimakasih ya dok...

(Sindak Hutagaol, 55, Toba)

 

JAWAB :

Pak Hutagaol yang baik,

Gejala fisik memang bisa merupakan gejala gangguan kejiwaan. Banyak kondisi gangguan kejiwaan yang mempunyai manifestasi gejala fisik. Gangguan depresi, gangguan kecemasan, gangguan somatoform adalah sebagian gangguan kejiwaan yang mempunyai banyak manifestasi gejala fisik.

Gejala lain yang bapak katakan juga sering menjadi gejala tambahan pada pasien gangguan kejiwaan seperti mengantuk dan malas melakukan aktivitas.

Satu yang perlu diingat adalah bagaimana memandang kondisi fisik kita sebagai bagian yang tidak terpisah-pisah antara masalah psikis dan fisik. Kondisi yang bapak alami bisa disebabkan karena faktor fisik medis yang berpengaruh terhadap kondisi mental atau sebaliknya. Untuk itu, bapak perlu menyingkirkan dulu kemungkinan adanya gangguan medis yang mengganggu.

Kalau ada maka harus dilakukan pengobatan untuk kondisi tersebut. Keterkaitan gejala dalam ilmu kedokteran selalu dimungkinkan, itulah mengapa ada istilah psikosomatik dan somatopsikis, dimana faktor kejiwaan dan medis saling terkait.

Coba bapak melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk kondisi fisiknya. Jika memang tidak ada masalah berarti, mungkin ada baiknya memikirkan untuk berkonsultasi ke psikiater.

Salam Sehat Jiwa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.