Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2013, 13:19 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com -
Meningkatnya kesadaran untuk hidup lebih sehat membuat lebih banyak orang mencoba berbagai jenis olahraga demi mendapatkan cara paling efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Hanya saja, tidak semua jenis olahraga cocok untuk setiap orang. Ada jenis-jenis olahraga tertentu yang tidak cocok untuk postur tubuh ataupun kemampuan fisik seseorang.

"Jika saat melakukan jenis olahraga tertentu merasa sakit, maka kemungkinan olahraga tersebut tidak cocok untuk Anda," ujar pakar kesehatan olahraga dr Michael Triangto, SpOK saat ditemui Jumat (23/8/2013) di Jakarta.

Kemungkinan lain dari rasa sakit dan nyeri saat olahraga adalah cara melakukannya yang salah. Karena itu, Michael menyarankan untuk melakukan latihan dengan prosedur yang tepat. Bila perlu, libatkan profesional saat baru akan memulai olahraga.

Namun jika masih merasa sakit dan nyeri juga, maka sebaiknya segera hentikan latihan karena jenis olahraga tersebut tidak cocok untuk Anda lakukan. Sebaliknya, cari jenis olahraga lain yang lebih sesuai.

Michael menambahkan, bila sakit dan nyeri baru Anda rasakan keesokan harinya. Maka kemungkinan intensitas olahraga yang dilakukan terlalu berat dan Anda belum mampu untuk melakukannya.

"Kalau itu yang terjadi, boleh saja dilanjutkan olahraganya di kesempatan lain tapi intensitasnya diturunkan," papar dokter yang banyak menangani atlet bulutangkis ini.

Untuk menghindari rasa sakit dan nyeri saat dan setelah olahraga, Michael menekankan pada pentingnya pemanasan dan pendinginan. "Olahraga perlu dilakukan sesuai prosedur. Pemanasan dan pendinginan termasuk unsur yang penting selain latihan inti," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com