Kompas.com - 04/09/2013, 22:15 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com -
Kepikunan alzheimer tidak datang tiba-tiba. Walaupun belum ditemukan penyebab utamanya, alzheimer dapat menunjukkan gejala sejak usia muda.

"Biasanya sejak 20 tahun sebelum terdiagnosis alzheimer, sudah ada gejalanya. Namun tidak semua orang waspada dan menggangapnya sebagai penyakit," kata Direktur Eksekutif Alzheimer's Indonesia, DY. Suharya pada talkshow  'Understanding Alzheimer' pada Rabu (4/9/2013) di Jakarta.

Akibatnya, mereka telat memeriksakan diri. Padahal gejala alzheimer juga dapat terlihat dalam kondisi sehari-hari. Penderita alzheimer biasanya mudah lupa dan disorientasi.

"Ada 10 gejala alzheimer. Kalau satu saja sudah ada sebaiknya waspada dan segera periksa, karena penyakit alzheimer menyerang perlahan," kata Suharya.

Alzheimer merupakan penyebab yang umum untuk kasus demensia – hilangnya intelektual dan kemampuan bersosialisasi yang cukup parah untuk mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Pada penyakit Alzheimer, kesehatan jaringan otak mengalami penurunan sehingga menyebabkan menurunnya daya ingat dan kemampuan mental.

Berikut adalah 10 gejala alzheimer seperti dipaparkan Suharya :

1. Gangguan daya ingat

Penderita alzheimer kerap lupa kejadian yang baru terjadi, lupa janji, dan membicarakan hal yang sama berulang kali. Hal ini terjadi berulang kali, hingga kadang membuat orang lain kesal.

2. Sulit fokus

Orang dengan alzheimer sulit melakukan pekerjaan sehari-hari. Mereka juga butuh waktu lebih lama menyelesaikan pekerjaan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.