Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengobatan Cemas Harus ke Psikolog atau Psikiater?

Kompas.com - 20/09/2013, 08:42 WIB

TANYA :

Dok, saya masih sedikit kebingungan untuk memilih berobat ke psikolog atau psikiater. Permasalahan yang saya hadapi adalah saya kecil lahir dari keluarga yang tidak harmonis dan pernah mengalami kekerasan fisik. Semenjak itu kepribadian saya jadi sangat pendiam,pemurung dan tertutup, sifat itu terus terbawa hingga saya beranjak dewasa. Kondisi yang demikian diperparah dengan sifat saya yang sangat mudah stres, tertekan, emosian, serta diikuti dengan rasa cemas yang berlebihan. Saya selalu cemas berlebihan saat menghadapi suatu tes yang butuh keterampilan mental, seperti misal walaupun saya pandai mengendarai motor.  Namun begitu, saat menjalani tes membuat sim dengan mengendarai motor dan dilihat orang banyak saya selalu cemas luar biasa, Sehingga saat praktek langsung blank (namun kelainan saya tidak disertai dengan gejala fisik seperti sakit pada bagian tubuh tertentu). Di satu sisi, saya juga mengalami kesulitan berkomunikasi alias gagap saat berbicara, saya selalu kesulitan dalam mengungkapkan sesuatu dalam bentuk lisan. Karena jika gagap saya kumat seketika itu pula saya menjadi blank dan lupa akan apa yang hendak saya sampaikan. Permasalaha saya tersebut lebih karena faktor apa yang dok? Dan pengobatan seperti apa yang kira-kira dokter anjurkan?

(Lucky, 22, Bekasi)


JAWAB :

Lucky yang baik,
Anda sebenarnya menyadari apa kekurangan anda dan anda kaitkan itu dengan masa lalu anda yang kurang baik. Namun demikian masa lalu semoga tetap menjadi masa lalu dan apa yang kita hadapi saat ini adalah bagian dari kehidupan baru kita di masa dewasa.

Kepribadian dan karakteristik perilaku yang anda katakan memang sering menghambat dalam kehidupan pribadi dan sosial. Kelihatannya dari gejala yang dipaparkan anda banyak mengalami masalah kecemasan.

Masalah kecemasan ini memang bisa disebabkan karena adanya peristiwa traumatik masa kecil atau memang ada faktor genetik dan sosial yang saling bersinergis.

Masalah kecemasan yang anda paparkan memang bisa banyak sebabnya dan itu mungkin perlu dipelajari dan diadaptasi dengan baik tentunya dengan bantuan ahli. Kondisi kecemasan seperti itu bisa menjadi suatu masalah gangguan kejiwaan jika hal tersebut telah secara signifikan mempengaruhi kehidupan anda. Jika demikian ada baiknya anda berkonsultasi ke psikiater. Psikiater akan mendiagnosis gangguan yang anda alami sehingga bisa dicarikan jalan keluarnya yang terbaik. Terkadang juga psikiater memerlukan bantuan psikolog untuk kasus-kasus tertentu.

Semoga jawaban ini membantu. Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com