Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbesar Payudara, Bisakah dengan Terapi Hormon?

Kompas.com - 11/10/2013, 09:46 WIB


TANYA :

Prof, begini. Payudara saya kecil sekali ukurannya. Saya ingin memiliki payudara yang ideal ukurannya, tapi tidak mau dengan cara operasi. Saya beberapa kali membaca cerita transgender dari pria ke wanita yang berkat terapi hormon payudara mereka bisa tumbuh membesar. Apakah kalau saya yang aslinya sudah wanita di usia ini jika melakukan terapi hormon seperti para pria transgender tersebut, payudara saya bisa tumbuh membesar juga? Jika bisa, apakah ada efek samping negatif dari terapi hormon tersebut? Jika tidak bisa adakah terapi lain yang bisa membesarkan ukuran payudara wanita seumur saya selain melalui jalan operasi? Jika ada ke dokter spesialis apa saya lalu harus berkonsultasi? Terima kasih atas jawabannnya.

(Ami, 47, Jakarta)

 

JAWAB :


Payudara mengandung kelenjar, jaringan lemak dan sedikit otot. Maka, ukurannya ditentukan oleh seberapa banyak jaringan lemak ada di dalamnya, seberapa besar dan banyak kelenjarnya, dan juga sedikit ditentukan oleh otot.

Oleh karena itu pada orang yang gemuk, pada umumnya ukuran payudara lebih besar. Pada perempuan yang hamil dan menyusui, ukuran payudara lebih besar karena kelenjarnya membesar.

Perkembangan payudara dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Ada pula hormon prolaktin dan juga Growth Hormone walaupun pengaruhnya secara tidak langsung pada payudara.

Pada usia Anda sekarang, hormon estrogen dan progesteron telah berkurang. Tetapi sejauh mana berkurangnya kadar kedua hormon ini perlu ditentukan dengan pemeriksaan darah. Pengobatan hormon dapat diberikan sesuai dengan petunjuk dokter karena ada persyaratan tertentu dalam memberikan pengobatan hormon.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com