Kompas.com - 21/10/2013, 13:03 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Olahraga teratur tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penyakit-penyakit degeneratif lainnya. Sebuah studi baru menemukan, aktivitas olah fisik juga dapat menekan risiko hilangnya kemampuan indera penciuman karena usia tua.

Studi tersebut melibatkan 1.600 orang yang berusia 53-97 tahun yang tidak mengalami gangguan penciuman apapun saat studi dimulai. Para peneliti kemudian mengikuti peserta hingga 10 tahun kemudian.

Selama periode studi, mereka melakukan tes penciuman pada peserta sebanyak tiga kali. Mereka menggunakan delapan wewangian, termasuk cokelat dan kopi. Peneliti juga meminta peserta melaporkan kebiasaan berolahraga mereka.

Setelah periode studi berakhir, peneliti menemukan, sebanyak 28 persen peserta mengalami gangguan penciuman. Mereka pun menyimpulkan, ada kaitan antara kebiasaan berolahraga dan kemampuan indera penciuman, bahkan setelah disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal JAMA Otolaryngology-Head & Neck Surgery tersebut menemukan, peserta yang melaporkan melakukan olahraga minumal seminggu sekali cenderung memiliki risiko yang lebih kecil mengalami gangguan penciuman di kemudian hari.

"Semakin banyak orang berolahraga, semakin rendah risiko gangguan penciumannya," ungkap para peneliti.

Kemampuan penciuman memiliki banyak kegunaan, antara lain membantu mengenali senyawa kimia beracun dan menambah cita rasa makanan. Kemampuan tersebut dapat menurun seiring bertambahnya usia. Terkait jenis kelamin, risiko pria untuk mengalami penurunan kemampuan penciuman lebih tinggi dibanding wanita.

Studi menemukan sekitar 25 persen peserta yang berusia 53 tahun atau lebih sudah mulai terkena gangguan penciuman. Selain usia, faktor risiko dari gangguan ini yaitu merokok dan memiliki polip hidung.

Belum jelas bagaimana olahraga dapat menjaga kemampuan penciuman. Namun para peneliti berpendapat, aktivitas ini memperbaiki fungsi otak dan kesehatan secara keseluruhan, sehingga juga memperbaiki kinerja indera pencium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.