Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Menyusui 10 Hari Apakah ASI Masih Berproduksi?

Kompas.com - 19/11/2013, 10:55 WIB
Tanya:
Saya ibu bekerja, anak saya 6 bulan lebih 3 minggu, saya memberikan ASI eksklusif dan saat ini sudah MPASI. Saya akan pergi ke luar negeri dalam waktu 10 hari. Saya akan tetap memompa ketika pergi, namun apakah kondisi ASI saya masih bisa produksi walaupun anak tidak menyusu langsung? Mohon infonya.
Widha Windhira, 30, Jakarta Utara

Jawab:
Dear Widha,
Senang sekali saat membaca Widha tetap ingin mengusahakan memberikan ASI meskipun sedang tetap terpisah dari buah hati untuk sementara waktu.

Produksi ASI akan tetap terjaga selama ASI tetap dikeluarkan baik dengan cara menyusu langsung atau diperah jika tidak sedang bersama dengan bayi.

Agar produksi tidak terpengaruh, penting untuk tetap memerah sesering bayi menyusu langsung di rumah atau setiap 2 - 3 jam.

Simpan ASI Perah secara beku, agar bisa dibawa pulang, perhatikan cara pengemasan ASI Perah dan jumlah ice gel yang dibawa agar tetap tahan saat perjalanan pulang ke Indonesia.

dr Astri Pramarini, IBCLC (Konselor Menyusui dan Ketua AIMI Jatim)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com