Kompas.com - 23/01/2014, 18:00 WIB
Penulis Wardah Fajri
|
EditorWardah Fajri

KOMPAS.com - Pasta gigi yang mengandung pemutih memang bisa memutihkan gigi dengan menghilangkan noda di permukaan, terutama akibat konsumsi kopi atau merokok. Namun, menggunakan pasta gigi pemutih juga ada aturannya. Tentunya jika ingin mendapatkan gigi lebih putih tanpa merusak email gigi.

Spesialis dental Mayo Clinic, Alan Carr mengatakan pasta gigi pemutih yang digunakan dua kali sehari, selama dua hingga enam minggu bisa memberikan hasil berupa gigi lebih putih. Pasta gigi pemutih yang berisi covarine biru bahkan bisa memutihkan gigi lebih cepat.

Pasta gigi pemutih, papar Carr, juga bisa digunakan sebagai pendukung perawatan gigi setelah bleaching. Untuk menghilangkan noda di permukaan, pasta gigi pemutih biasanya mengandung pemulas khusus yang mengilapkan gigi dengan lembut, selain mengandung bahan kimia yang melunturkan noda. Pasta gigi yang mengandung bahan kimia covarine biru, bisa membuat tampilan gigi tidak terlalu kuning

Meski pasta gigi pemutih aman digunakan sehari-hari, Carr menyarankan untuk tetap berhati-hati dalam pemakaiannya. Penggunaan pasta gigi pemutih yang berlebihan bisa merusak email gigi.

"Yang perlu diingat adalah pasta gigi pemutih tidak bisa mengubah warna alami gigi Anda, atau menghilangkan noda di bagian lebih dalam dari permukaan gigi,"saran Carr.

Karenanya, lanjut Carr, jika ingin menggunakan pasta gigi pemutih pilih produk yang mendapatkan jaminan dari organisasi dental terpercaya. Jaminan ini mengindikasikan bahwa pasta gigi tersebut efektif menghilangkan noda.

Jika tak puas dengan hasil dari perawatan harian menggunakan pasta gigi pemutih, pilih cara lain untuk memutihkan gigi. Konsultasikan keluhan Anda ke dokter gigi dan tanyakan cara lain untuk memutihkan gigi, seperti penggunaan produk bleaching atau lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.