Kompas.com - 28/01/2014, 09:13 WIB
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com — Suhu dingin dan kelembaban tinggi saat musim hujan membuat aneka mikroorganisme berkembang dengan cepat. Mikroorganisme inilah yang menginfeksi orang di sekitarnya. Bila daya tahan tubuh sedang menurun, bisa dipastikan serangan virus dan bakteri akan menyebabkan sakit.

Salah satu penyakit yang banyak menyerang saat musim hujan adalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan menimbulkan sensasi panas dan kesulitan menelan. Namun, jangan khawatir, sakit tenggorokan bisa diatasi dengan pengobatan alami, berikut caranya.

1. Berkumur air garam
Walaupun terkesan kuno, berkumur air garam sangat efektif dan cepat melegakan sakit tenggorokan. Selain sebagai antiseptik, garam membantu membersihkan lendir di tenggorokan dan mengurangi rasa sakit yang timbul.

Sebelum berkumur, pastikan air dalam suhu hangat dan cukup nyaman. Kemudian, tambahkan setengah sendok teh garam dan aduk hingga rata. Kumur air garam sebaiknya dilakukan tiga kali sehari.

2. Madu
Madu adalah pengobatan alami sakit tenggorokan yang paling sering ditemukan dan akrab dengan kehidupan masyarakat. Madu kerap digunakan karena kemampuan anti-bakterialnya membantu proses pengobatan. Madu bisa dikonsumsi bersama secangkir air hangat atau teh herbal.

3. Teh jahe
Walau menimbulkan sensasi panas dan pedas, kualitas jahe sebagai pengobatan alami untuk sakit tenggorokan tak lagi diragukan. Kandungan zingiberinpada jahe membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Khasiat anti-inflamasi dalam jahe juga membantu membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Untuk menikmati minuman berkhasiat ini, cukup iris beberapa ruas jahe dan nikmati dengan secangkir teh hangat.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.