Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2014, 10:37 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Manfaat probiotik untuk kesehatan mungkin sudah luas dipahami. Ya, probiotik mengandung seluruh nutrisi yang membantu tubuh untuk tetap sehat. Namun tidak hanya itu, sebuah studi baru yang dipublikasi dalam British Journal of Nutrition menemukan, probiotik juga dapat menurunkan berat badan.

Dalam studi tersebut, para peneliti asal Laval University di Quebec melakukan analisa terhadap 125 pria dan wanita obesitas. Mereka meminta peserta untuk melakukan diet penurunan berat badan selama 12 minggu, diikuti dengan 12 minggu berikutnya untuk periode pemeliharaan.

Peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk minum pil probiotik setiap hari, sementara kelompok lainnya diminta untuk minum pil plasebo.

Hasilnya, setelah 12 minggu, peserta wanita yang minum pil probiotik berat badannya turun rata-rata sekitar 4,4 kilogram. Sementara itu, wanita yang minum pil plasebo hanya berhasil turun rata-rata sekitar 2,6 kg.

Kemudian, setelah 12 minggu periode pemeliharaan, wanita yang minum pil plasebo tetap dapat menjaga berat badannya stabil, namun kelompok yang minum probiotik tetap badan menurunkan berat badannya, rata-rata sekitar 800 gram.

Pada akhir studi, kelompok wanita yang minum pil probiotik juga dilaporkan memiliki jumlah bakteri obesitas lebih sedikit pada sistem pencernaan mereka. Sayangnya, dari hasil penelitian, efek probiotik lebih signifikan pada wanita daripada pria.

Peneliti percaya, probiotik membantu seseorang menurunkan berat badan mereka karena dapat menurunkan daya permeabel dari dinding usus. Hasilnya, lebih sedikit pula molekul yang berhubungan dengan obesitas, diabetes tipe 2, dan intolerensi glukosa untuk masuk ke aliran darah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com