Kompas.com - 25/02/2014, 09:48 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Halo Dok, sudah beberapa bulan ini saya mengalami sakit seperti asam lambung yang tinggi. Beberapa kali saya ke dokter dan rumah sakit tetap tidak ada perubahan. Rasa yang diderita adalah badan terasa sangat penuh, cepat lapar tapi cepat kenyang. Kadang agak sulit bernafas dan sering sakit kepala. Salah satu teman saya, yang  juga  dokter menyarankan untuk cek helicobakteri. Tetapi terakhir saya cek ke salah satu dokter, katanya tidak diperlukan karena tidak adanya demam. Menurut dokter apa yang harus saya lakukan ? Terima kasih.

(Yessyta Cecilia, 29 tahun, 158 cm, 61 kg, Jakarta)

JAWAB :

Saudari Yessyta Cecilia, 29 tahun di Jakarta

Walaupun keluhan yang saudari sampaikan tidak khas, kemungkinan yang saudari alami dalam Ilmu kedokteran dikenal dengan istilah dispepsia fungsional.  Merupakan kumpulan gejala klinis seperti nyeri, perih, tidak nyaman pada daerah ulu hati, kembung, rasa penuh, cepat kenyang, sendawa, mual, muntah dan sebagainya, tanpa ada kelainan kelainan struktur, organik saluran cerna, dan penyakit metabolik sistemik lainnya.

Dalam praktik, saya juga sering menerima pasien dengan keluhan seperti ini, mungkin sekitar 30-40 persen dari seluruh pasien yang konsultasi. Biasanya dengan obat-obatan standar untuk dispepsia seperti yang Anda keluhkan akan membaik

Penyebab dispepsia fungsional ini tidak pasti. Bisa karena obat-obatan, pola makan tidak sehat, rokok, alkohol, stres dan sebagainya.

Kemudian , sesuai dengan pertanyaan saudari, "pemeriksaan apa yang dilakukan untuk memastikan keluhan ini? " Sesuai dengan asumsi saya bahwa saudari hanya mengalami dispepsia fungsional, maka untuk memastikannya adalah melakukan pemeriksaan endoskopi.

Saran saya sebaiknya saudari konsultasi ke internist setempat atau lebih baik lagi ke Internist konsultan Gastrohepatologi. Dokter itu nanti yang akan memberikan saran pemeriksaan apa yang harus dilakukan.

Terima kasih.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.