Kompas.com - 21/06/2014, 07:56 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

Dok saya mau tanya, sebenarnya berapakah frekuensi ideal BAB pada balita? Anak saya berusia 2 tahun tapi tidak setiap hari BAB, padahal ia makan cukup dan juga minum susu. Dia BAB setiap 3 hari sekali dan terkadang keras. Meski sudah diberi sayur dan buah tetap saja tinjanya keras. Apakah boleh ia saya beri obat pencahar?

 Runni, Jakarta

JAWAB :

Frekuensi ideal BAB pada setiap anak rata-rata adalah 1-2 kali per harinya dengan konsistensi tinja yang normal. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan keadaan dimana pola defekasi BAB-nya tidak seperti seharusnya diantaranya adalah masalah toilet training yang belum optimal, faktor psikologis atau pengalaman sebelumnya yang menyebabkan dia tidak merasa nyaman saat BAB, diet yang kurang serat atau kurang asupan cairan/air putih.

Untuk kasus si kecil sebaiknya ibu memulainya dengan memberikannya makanan yang banyak mengandung serat, memberikan air putih ekstra yang lebih sering dan membiasakannya berusaha untuk mencoba melakukan aktifitas BAB serta memberikannya rasa nyaman saat melakukannya. Apabila sebelumnya pola BABnya tidak ada masalah maka mudah-mudahan cara ini berhasil. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.