Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2014, 12:07 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Saat kurang tidur, tanda-tanda yang paling jelas dapat Anda rasakan adalah rasa kantuk. Namun ternyata ada pula tanda-tanda kurang tidur yang terjadi pada diri Anda meskipun tidak merasa kantuk sekalipun.

Shelby Freedman Harris, pakar tidur dan direktur kedokteran perilaku tidur di Montefiore Medical Center di New York mengatakan, ada 10 tanda yang mungkin selama ini tidak sadari dan menunjukkan Anda harus segera membuat tidur sebagai prioritas. Nah, inilah 10 tanda yang dimaksud.

1. Bisa tidur secara tiba-tiba
Banyak orang masih berpikir dapat tidur secara tiba-tiba merupakan hal yang baik, padahal sebaliknya, ini adalah tanda-tanda Anda kurang tidur. Jika secara rutin dapat tidur dalam jangka waktu lima menit setelah berbaring, maka mungkin Anda mengalami kekurangan tidur, bahkan gangguan tidur.

2. Lebih impulsif dari biasanya
Bila tak bisa mengontrol diri untuk mengambil makanan yang biasanya tak menarik perhatian kita, ini bisa jadi tanda-tanda kurang tidur. Kurang tidur akan membuat area di otak yang mengatur kontrol impuls, asosiasi visual, dan perhatian akan terganggu. Inilah yang membuat orang yang kurang tidur sulit mengontrol impuls.

3. Gampang lupa
Tidur dibutuhkan untuk membentuk memori, sehingga kurang tidur dapat berakibat pada kesulitan untuk mengingat sesuatu. Kurang tidur juga membuat Anda sulit untuk bersikap rasional dan berhati-hati.

4. Lebih mudah lapar
Kurang tidur meningkatkan nafsu makan dengan mempengaruhi dua hormon dalam tubuh yaitu leptin dan ghrelin. Lepton merupakan hormon yang mengatakan kepada tubuh untuk berhenti makan, sebaliknya ghrelin. Saat kurang tidur kadar hormon ghrelin lebih tinggi daripada leptin sehingga tubuh pun lebih mudah lapar.

5. Sulit fokus
Bila sulit berkonsentrasi ketika menyetir atau sekedar berjalan, mungkin Anda kurang tidur. Pasalnya kurang tidur membuat kesadaran Anda menurun dan akan sulit untuk fokus terhadap tugas. Bila sudah mulai mengalaminya, artinya Anda pun harus menambah wakut tidur Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com