Kompas.com - 19/07/2014, 13:05 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mengadopsi pola makan sehat demi penampilan yang lebih menarik tentu sah-sah saja. Namun, alasan seperti itu umumnya tak cukup kuat untuk membuat kita terus berkomitmen menjaga asupan makanan.

Pada dasarnya pola makan sehat harus menjadi bagian dari gaya hidup agar tubuh senantiasa sehat dan bebas penyakit. Dengan demikian kita tak akan merasa tersiksa menjalaninya.

Pola makan sehat adalah yang lebih banyak bahan-bahan alami seperti sayuran dan buah, tidak terlalu banyak memakai zat pengawet atau perasa, serta membatasi makanan yang telah melalui proses rekayasa panjang.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa diet sehat bermanfaat untuk tubuh, pikiran, dan hidup.

- Meningkatkan produktivitas
Berbagai studi mengenai produktivitas kerja menyimpulkan bahwa karyawan yang sehat adalah pekerja yang paling produktif. Salah satu hal yang bisa menurunkan produktivitas seseorang antara lain malas olahraga serta malas mengonsumsi buah dan sayur.

- Menjaga mood
Berbagai kandungan alami yang terdapat dalam makanan ternyata berdampak positif pada mood. Misalnya saja polifenol yang terdapat dalam cokelat hitam dan diketahui bisa membuat kita merasa lebih bahagia. Sayangnya, cokelat adalah makanan tinggi kalori dan bisa menyebabkan gemuk.

Kabar baiknya, polifenol juga terdapat pada makanan lain, misalnya saja buah-buahan keluarga berry, anggur, ceri, kedelai, teh hitam, dan masih banyak lagi. Sebaiknya konsumsi makanan ini saat sedang merasa stres dan perlu meningkatkan mood positif.

- Menyehatkan jantung
Penyakit jantung menjadi pembunuh utama manusia modern. Oleh karena itu kita perlu melindungi organ yang sangat vital ini. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengurangi asupan daging merah yang diproses, misalnya saja ham, bacon, atau sosis.

- Melindungi dari penyakit
Penyakit jantung bukan satu-satunya penyakit yang timbul akibat pola makan tidak sehat. Gizi seimbang dan bervariasi akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit, mulai dari osteoporosis, kegemukan, hingga kanker.

- Memperpanjang usia
Selain mencegah penyakit, pola makan yang sehat dan didominasi bahan-bahan alami, bisa memperpanjang usia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.