Kompas.com - 06/08/2014, 08:24 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

 

 

KOMPAS.com - Gigi keropos umumnya dipicu dari kesalahan dalam merawat gigi. Namun olahraga pun ternyata juga dapat memicu permasalahan pada mulut. Pelari dan atlet triathlon yang tampak sehat dan bugar mungkin lebih banyak mengalami permasalahan dengan kesehatan mulut mereka.

Dalam studi yang dimuat dalam Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports tersebut, peneliti menemukan atlet triathlon memiliki erosi gigi yang secara signifikan lebih tinggi daripada orang yang bukan atlet.

Sementara itu, orang yang lebih terlatih memiliki lebih banyak keropos pada gigi dibandingkan dengan orang yang kurang terlatih. Kenapa demikian?

Peneliti menganalisis, ada dua alasan yang mungkin menjadi penyebabnya. Pertama, demi alasan ketahanan, atlet banyak mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk snack ataupun minuman olahraga dalam jumlah relatif banyak. Padahal karbohidrat dapat mengubah derajat keasaman (pH) alami mulut yang padahal baik untuk melindungi gigi.

Kedua, ketika berlatih terlalu keras, orang cenderung untuk bernapas dengan mulutnya. Keadaan itu dapat menyebabkan mulut kering dan mereka pun lebih sedikit memproduksi liur yang penting sebagai pemusnah alami bakteri dalam mulut.

Peneliti asal Jerman dalam studi ini pun menyarankan supaya para atlet untuk menggunakan pasta gigi yang lebih mampu melindungi gigi dari keropos, misalnya pasta gigi yang mengandung flouride sehingga dapat meremineralisasi gigi dengan cepat. Selain itu, atlet juga perlu banyak minum air dan menyikat giginya setelah melakukan latihan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.