Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2014, 08:24 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber SELF

 

 

KOMPAS.com - Gigi keropos umumnya dipicu dari kesalahan dalam merawat gigi. Namun olahraga pun ternyata juga dapat memicu permasalahan pada mulut. Pelari dan atlet triathlon yang tampak sehat dan bugar mungkin lebih banyak mengalami permasalahan dengan kesehatan mulut mereka.

Dalam studi yang dimuat dalam Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports tersebut, peneliti menemukan atlet triathlon memiliki erosi gigi yang secara signifikan lebih tinggi daripada orang yang bukan atlet.

Sementara itu, orang yang lebih terlatih memiliki lebih banyak keropos pada gigi dibandingkan dengan orang yang kurang terlatih. Kenapa demikian?

Peneliti menganalisis, ada dua alasan yang mungkin menjadi penyebabnya. Pertama, demi alasan ketahanan, atlet banyak mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk snack ataupun minuman olahraga dalam jumlah relatif banyak. Padahal karbohidrat dapat mengubah derajat keasaman (pH) alami mulut yang padahal baik untuk melindungi gigi.

Kedua, ketika berlatih terlalu keras, orang cenderung untuk bernapas dengan mulutnya. Keadaan itu dapat menyebabkan mulut kering dan mereka pun lebih sedikit memproduksi liur yang penting sebagai pemusnah alami bakteri dalam mulut.

Peneliti asal Jerman dalam studi ini pun menyarankan supaya para atlet untuk menggunakan pasta gigi yang lebih mampu melindungi gigi dari keropos, misalnya pasta gigi yang mengandung flouride sehingga dapat meremineralisasi gigi dengan cepat. Selain itu, atlet juga perlu banyak minum air dan menyikat giginya setelah melakukan latihan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com