Kompas.com - 12/08/2014, 09:57 WIB

KOMPAS.com — Ketika seseorang memilih bunuh diri, banyak orang sulit untuk menerima keputusan tersebut. Komedian dan aktor peraih Oscar, Robin Williams, telah memilih cara tersebut untuk mengakhiri hidupnya.

Robin Williams sejak lama diketahui menderita gangguan bipolar, penyakit gangguan jiwa yang membuat penderitanya mengalami perubahan perasaan (mood) dalam periode waktu tertentu.

Bukan hanya mood yang berfluktuasi, penderita bipolar juga akan mengalami episode mania atau sangat berenergi, fokus, dan merasa sangat produktif. Di lain waktu, ia akan mengalami depresi berat. Pada periode depresi ini, Robin Williams diduga memilih bunuh diri.

Penelitian menunjukkan, 25 persen penderita bipolar pernah mencoba bunuh diri, dan 10-15 persen di antaranya akhirnya melakukan hal itu. "Depresi adalah saat paling membahayakan," kata dr Andri, SpKJ, FAPM, dari RS Omni Alam Sutera Tangerang, Selasa (12/8/2014).

Ide bunuh diri biasanya muncul ketika penderita bipolar merasa sangat depresi. Ia diliputi perasaan nelangsa dan tak tertolong lagi.

Gejolak suasana hatiyang bisa membahayakan itu sebenarnya dapat dikontrol dengan obat penstabil mood. "Jika rutin minum obat, episode seperti depresi itu bisa dikendalikan," ujarnya.

Namun, walau mengonsumsi obat-obatan, beberapa pasien tetap memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Walau kita tak pernah bisa memahami mengapa seseorang sesukses dan memiliki keluarga bahagia seperti Robin Williams memilih bunuh diri, kita tetap menghargai karya-karya yang ditinggalkannya. Ia telah membuat banyak orang tertawa dengan humornya, energinya yang melimpah, dan peran-perannya yang luar biasa dalam film.

Selamat jalan Robin Williams.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.