Kompas.com - 19/08/2014, 09:38 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Terkadang rasa jenuh dan bosan datang di sela-sela waktu bekerja. Namun perasaan tersebut harus segera disingkirkan supaya tetap produktif. Bila secangkir kopi sudah tidak mampu membangkitkan rasa semangat Anda hari ini, maka ada hal sederhana lain ternyata yang bisa dilakukan.

Sebuah studi asal University of Western Ontario di Kanada menemukan, memikirkan pasangan dapat menjadi cara sederhana untuk memperbaiki nuansa hati (mood) dan meningkatkan energi. Peneliti menemukan, berkhayal tentang pasangan yang dicintai akan memicu reaksi kimiawi di tubuh yang meningkatkan kadar gula darah. Hasilnya, seseorang akan merasakan lonjakan energi di dalam dirinya.

Sarah Stanton, lulusan doktoral di bidang psikologi di Western Ontario University mengatakan, meskipun tidak terasa sama, namun respons tubuh terhadap pemikiran ini dapat membantunya mengurangi stres yang buruk.

Saat sedang menghadapi deadline atau terlambat datang ke pertemuan, tubuh mengeluarkan energi yang membuatnya bekerja lebih keras dan bergerak lebih cepat. Respons ini membuat tubuh siap untuk bergerak dan menghadapi tantangan.

"Perasaan jatuh cinta akan memberikan respons tubuh yang hampir sama ketika sedang dalam keadaan terburu-buru," kata Stanton.

Perbedaannya hanyalah pada perasaan negatif yang berhubungan dengan stres. Maka dengan merasakan cinta, seseorang dapat meningkatkan energi tanpa khawatir, panik, ataupun cemas. "Dengan kata lain, jatuh cinta merupakan penghilang stres yang baik," ujarnya.

Saat kurang bersemangat ataupun stres, ia menyarankan untuk sejenak memejamkan mata dan berpikir tentang pasangan. Visualisasikan wajah dan tubuh pasangan sedetail yang Anda bisa. Rasakan kembali saat menikmati momen favorit dengan pasangan. Penelitian menunjukkan, hal itu dapat membangkitkan energi Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.