Kompas.com - 19/08/2014, 10:56 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Penggunaan lensa kontak cukup populer baik di kalangan orang dengan gangguan refraksi yang malasa memakai kacamata, mau pun orang yang ingin tampil menawan dengan warna bola mata berbeda .

Akan tetapi, tidak dalam semua kondisi seseorang dapat menggunakan lensa kontak. Dalam kondisi tidur atau berada di dalam air, penggunaan lensa kontak tidak disarankan. Karena itu, demi keamanan penggunaan lensa saat berenang sebaiknya dihindari.

Badan pengawas makanan dan obat Amerika Serikat (FDA) merekomendasikan untuk selalu melepas penggunaan lensa kontak saat melakukan kontak apapun dengan air. Manny Alvarez, praktisi kesehatan asal New York menjelaskan, lensa kontak memiliki pori sehingga dapat menyerap bakteri dan senyawa kimia yang ditemukan di air.

"Penyerapan inilah yang memicu infeksi, iritasi, dan kondisi yang berpotensi mengancam jiwa," ujar kontributor kesehatan di Fox News ini.

Meskipun mikroorganisme yang ditemukan pada kolam renang tidak sebanyak yang ditemukan di danau atau laut, namun potensinya untuk menyebabkan infeksi tetap ada. Paparan air juga menyebabkan lensa kontak terlalu lekat menempel pada mata. Klorin yang ditambahkan pada kolam renang untuk membantu menjaga air tetap bersih juga dapat membuat mata iritasi.

Kalaupun ingin menggunakan lensa kontak selagi berenang, maka jenis lensa kontak yang cocok adalah lensa kontak sekali pakai. Namun bagaimana pun seseorang perlu menggunakan kacamata renang untuk melindungi mata dari kontaminan.

"Bila mata kemasukan air, maka pastikan untuk melepas lensa kontak sesegera mungkin," saran Alvarez.

Penggunaan lensa kontak saat berenang mungkin akan menimbulkan gejala seperti mata merah, iritasi, nyeri, atau mata sensitif terhadap cahaya. Jika sudah mengalami gejala ini, maka sebaiknya seseorang segera mencari penanganan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber foxnews

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.