Kompas.com - 02/10/2014, 17:46 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ketika kantuk menyerang dan masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, biasanya kita akan langsung mengandalkan kopi. Padahal, kantuk merupakan isyarat dari tubuh agar kita beristirahat.

Kopi memang mengandung kafein yang bisa membuat kita lebih bersemangat dan merasa bisa fokus. Tetapi menurut dr.Andreas Prasadja, ahli kesehatan tidur, kemampuan otak yang menurun akibat butuh tidur tidak bisa digantikan dengan kopi.

"Saat mengantuk yang dibutuhkan adalah tidur, bukan kopi. Sampai saat ini belum ada satu zat pun yang bisa menggantikan efek restoratif tidur," kata dokter yang berpraktik di RS.Mitra Kemayoran Jakarta ini saat dihubungi, Kamis (2/10/14).

Kafein hanya akan memberikan efek bugar dan secara emosi lebih positif, tetapi kemampuan otak yang sudah lelah tidak bisa dibantu dengan kafein.

Jika kantuk datang di siang hari, Andreas juga lebih menyarankan untuk tidur siang sebentar. "Luangkan saja tidur siang sekurangnya 20 menit. Kita pasti akan bangun segar dengan semangat dan kemampuan bekerja lebih optimal," katanya.

Jika sebelumnya tidur siang dianggap aib besar karena menunjukkan sifat pemalas, kini tidur siang sudah dianggap sebagai tindakan produktif. Beberapa perusahaan besar bahkan sudah menyediakan fasilitas khusus untuk membantu tidur karyawannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.