Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2014, 09:15 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Pernahkah Anda menemukan kamar mandi atau toilet yang kotor, bau tak sedap, kurang air, atau jorok? Ini adalah contoh dari sanitasi yang buruk.

Tak perlu jauh-jauh ke daerah terpencil, masalah sanitasi masih banyak ditemui di ibu kota. Banyak masyarakat yang tidak menjaga kebersihan toilet. Padahal, toilet merupakan tempat yang setiap hari pasti dikunjungi oleh manusia. Kepedulian masyarakat terhadap sanitasi dinilai masih sangat rendah.

"Terus terang, di Indonesia ini kepedulian tentang sanitasi masih sangat rendah. Baru sekitar 58 persen yang mendapat akses sanitasi," ujar Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso dalam diskusi "Gerakan Toilet Higienis Domestos 2014" di Jakarta, Selasa (18/11/2014).

Naning menjelaskan, toilet merupakan salah satu sumber tumbuhnya kuman. Banyak penyakit yang bisa diderita seseorang jika toiletnya tidak bersih dan higienis.

Masalah toilet ini umumnya karena pembangunan toilet atau fasilitas yang kurang memadai. Misalnya, tidak tersedia tisu dalam toilet, tidak ada tempat sampah, dan kurangnya udara.

"Kita negara tropis, kalau kurang udara bisa lembab, banyak bakteri. Kalau kurang cahaya atau gelap seneng, bisa tumbuh jamur di situ," terang Naning.

Toilet pun masih jarang yang dilengkapi dengan tempat cuci tangan pakai sabun. Selain itu, pola pikir masyarakat mengenai kebersihan toilet juga harus diubah. Misalnya, toilet untuk duduk, jangan dipakai dengan berjongkok.

Menurut Naning, hal ini pun berkaitan dengan kebiasaan banyak masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia yang masih membuang air kecil maupun besar di kali. "Jangan tinggalkan jejak di toilet. Kalau di kali kan diberesin sama alam," kata Naning.

Masalah sanitasi ini juga termasuk dalam target Millenium Development Goals (MDGs). Pada MDGs tahun 2015 nanti, Indonesia harus mencapai target memenuhi pelayanan air minum sebesar 68,87 persen dan sanitasi layak 62,41 persen.

Untuk itu, setiap tempat, baik di tempat umum, gedung, kantor, hingga sekolah harus dibangun sanitasi yang layak dan dijaga kebersihannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com