Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Resolusi Tahun Ini Tercapai? Jangan Kurang Tidur!

Kompas.com - 02/01/2015, 18:09 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Apakah semua resolusi Anda tahun 2014 sudah tercapai? Jika tidak, mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah karena Anda selama ini selalu kurang tidur.

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti  dari Universitas Hertfordshire, Inggris menunjukkan bahwa kurang tidur membuat banyak orang kelelahan sehingga sulit mewujudkan resolusinya.

Berdasarkan studi para peneliti, orang-orang yang tidurnya kurang dari tujuh jam setiap malam lebih mungkin memiliki tekad yang lemah. Tekad yang menurun membuat banyak orang akhirnya tak mencapai resolusinya.

Profesor Richard Wiseman, seorang psikolog dari Universitas Hertfordshire pun menyatakan bahwa kelelahan dapat membuat seseorang sulit mengendalikan diri.

“Otak membutuhkan energi untuk melakukan sesuatu yang kita tidak benar-benar ingin lakukan atau yang sulit dilakukan. Jika kurang tidur, maka Anda tidak memiliki energi mental yang dibutuhkan otak,” kata Wiseman seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Para peneliti mensurvei lebih dari 1.000 orang secara online dengan menanyakan bagaimana kualitas tidur mereka dan seberapa sukses mencapai resolusi. Hasilnya, lebih dari 60 persen orang yang cukup tidur yakni 8 jam atau lebih, dapat mencapai resolusinya. Sementara itu, hanya 44 persen orang yang kurang tidur, yang berhasil mencapai resolusi.

Selain itu, penelitian lainnya menunjukkan bahwa banyak pekerja  yang kurang tidur menjadi sulit fokus terhadap pekerjaannya. Misalnya, lebih banyak menggunakan waktu untuk main internet ketika mereka seharusnya bekerja.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat orang lebih memilih pola makan yang buruk, seperti lebih sering konsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula.

Menurut Wiseman, jika ingin mencapai resolusi tahun ini maka harus diimbangi dengan tidur yang cukup.

"Jika mereka pergi ke tempat tidur sedikit lebih awal maka akan memudahkan untuk mencapai resolusi mereka,” ucap Wiseman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com