Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2015, 10:02 WIB

TANYA:

Assalamualaikum, dok saya mau tanya tentang mulut saya. Kenapa ya, dinding mulut saya terasa kasar bila di sentuh oleh lidah. Tapi rasa kasar itu tidak nyeri. Penyakit apakah itu? Saya coba olesi mulut saya itu dengan getah dari pohon, yang lupa lagi namanya. Setelah dioles keluar putih putih.  Apakah itu jamur? Mohon pencerahan nya dok di tunggu.
Asep Irma (19), Banjar

JAWAB:
Halo Asep Irma di Banjar,
Dalam menentukan penyakit apa yang Anda derita saat ini, perlu dilakukan pemeriksaan klinis lebih lanjut, sebab keterangan yang diberikan belum cukup. Sebagai gambaran, saya akan memaparkan penyakit yang gejalanya paling mendekati dengan yang ada sebutkan.

Penebalan bagian dalam pipi, disertai dengan suatu permukaan putih yang menjadi kasar, merupakan akibat dari berbagai iritasi fisik dan kimia. Penyakit ini disebut keratosis akibat gesekan.

Orang yang mengalami keratosis gesekan, biasanya tidak mengalami gejala apapun (termasuk rasa sakit). Kecuali jika memiliki kebiasaan menggigit pipi dan bibir, akan mengalami trauma jaringan pada pipi atau bibir yang berulang, kemerahan, bengkak, dan sensasi rasa terbakar. Orang yang memiliki kebiasaan menggigit pipi dan bibir setiap saat, biasanya dikaitkan dengan gangguan psikologis.

Penyebab lain keratosis gesekan, adalah penggunaan kawat gigi, gigi tiruan lepasan, penyikatan gigi yang berlebihan. Begitu pula dengan kontak aspirin berkepanjangan dan penggunaan obat kumur yang berlebihan juga dapat menimbulkan keratosis.

Penanganan untuk kasus ini adalah dengan menghilangkan penyebabnya. Misalnya, mengurangi tekanan saat sikat gigi, menghilangkan kebiasaan menggigit pipi dan bibir, dan sebagainya.  Penggunaan getah dari pohon seperti yang anda lakukan, sebaiknya dihentikan.

Untuk penegakkan diagnosa dan untuk memperoleh perawatan yang tepat, sebaiknya Anda mendatangi dokter gigi langganan atau langsung mendatangi dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg., SpPM). Sebab banyak penyakit lain yang gejalanya mirip seperti ini.
Demikian Asep Irma, semoa informasinya bermanfaat.

Salam gigi sehat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com