Kompas.com - 27/04/2015, 16:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
 — Membiarkan bayi tertidur di bouncer, kursi mobil, hingga ayunan ternyata bisa berakibat fatal. Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics menunjukkan, bayi yang dibiarkan tidur pada tempat tersebut berisiko tercekik dan sesak napas.

Para peneliti di Penn State Milton S Hershey Medical Center mencatat adanya 47 kematian bayi yang berhubungan dengan posisi duduk atau yang menggunakan peralatan khusus bayi tersebut. Kasus yang dilaporkan ke Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat ini kebanyakan terjadi pada anak-anak dengan usia di bawah dua tahun.

Sejumlah kasus banyak terjadi ketika bayi dibiarkan tidur di kursi mobil. Sebanyak 52 persen bayi tercekik sabuk pengaman mobil. Kasus lainnya terjadi di ayunan dan kereta bayi.

Salah satu kasus yang pernah terjadi, yaitu meninggalnya bayi berusia 11 bulan setelah dibiarkan tidur siang dengan diberi botol susu di kursi mobil. Bagian dada bayi tersebut ditahan menggunakan sabuk pengaman di kursi mobil agar tidak terjatuh. Namun, setelah ditinggalkan, badan bayi tersebut ditemukan telah melorot dan lehernya tertahan oleh sabuk pengaman.

Dokter Erich Batra yang memimpin penelitian ini memperingatkan orangtua maupun pengasuh untuk tidak membiarkan anak-anak saat dalam posisi duduk atau menggunakan perlengkapan yang membantu bayi duduk karena bisa menyebabkan bayi mati lemas.

Peneliti mengingatkan, dengan adanya tali pelindung agar bayi tidak terjatuh bukan berarti bayi bisa ditinggal tanpa pengawasan.

“Banyak orangtua yang menggunakan peralatan untuk bayi duduk, tetapi mereka tidak menyadari bahwa ini juga berbahaya,” kata Batra.

Menurut Batra, sabuk pengaman atau tali pengaman pada kursi mobil, bouncer, kereta bayi, hingga ayunan bisa berisiko membuat bayi sesak napas. Saat diletakkan di peralatan tersebut, bayi juga kemungkinan dapat bergerak ke posisi yang justru membahayakan jalan napas.

Dokter Batra pun mengeluarkan beberapa poin penting yang harus diperhatikan para orangtua maupun pengasuh saat meletakkan bayi mereka di kursi mobil, bouncer, maupun ayunan.

Utamanya, jangan meninggalkan bayi tanpa pengawasan, jangan meninggalkan bayi duduk di kursi mobil dengan sabuk pengaman, hingga jangan meletakkan lebih dari satu bayi dalam satu ayunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.