Kompas.com - 07/05/2015, 12:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sering kali kita melihat ada beberapa orang yang dalam setiap kali makan jumlah nasi yang dikonsumsi jauh lebih banyak dibandingkan dengan lauk pauk. Ada pula yang mengkonsumi nasi sedikit, namun lauk pauknya banyak. Lalu, sebenarnya berapa jumlah ideal makan nasi bagi setiap orang? Berikut ini jumlah ideal makan nasi.

Dalam piramida makanan, karbohidrat kompleks menduduki dasar piramida. Artinya dikonsumsi dalam jumlah paling banyak dibandingkan unsur lain seperti mineral, protein, dan lemak. Namun, bukan berarti harus mengkonsumsi nasi secara berlebihan.

Perlu diketahui, jumlah kebutuhan karbohidrat bagi tubuh adalah sekitar 50 hingga 60 persen dari total kebutuhan tubuh per harinya. Jadi, yang terpenting adalah memenuhi jumlah karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.

Dokter Gizi Dr. Luciana B Sutanto, MS. SpGk yang berpraktek di RSIA Gladiool, Magelang, mengatakan, masing-masing orang memiliki jumlah konsumsi nasi yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan tubuh. Kebutuhan tubuh itu juga dipengaruhi berdasarkan, usia, aktivitas fisik, jenis kelamin, berat dan tinggi badan, serta kesehatan atau penyakit.

“Bila saat makan sulit mengkonsumsi nasi dalam jumlah sedikit dapat diimbangi dengan memperbanyak lauk pauk seperti sayur, tahu, atau protein lainnya,” katanya.

Luciana memberikan bebeberapa cara yang digunakan untuk mengetahui jumlah ideal nasi yang kita konsumsi. Pertama, berdasarkan kepalan tangan. Kepalan tangan dinilai mampu memenuhi jumlah kebutuhan tubuh masing-masing orang. Kedua, mengkonsumsi nasi sekitar enam hingga sembilan sendok makan per makan mampu memenuhi 50 hingga 60 persen kebutuhan karbohidrat bagi tubuh.

“Masing-masing orang kepalan tangannya berbeda-beda. Jadi, dapat dikatakan ini jumlah ideal makan nasi bagi masing-masing orang, namun semua itu kembali lagi kebutuhan tubuh dan segala yang mempengaruhinya tadi,” tutur Luciana yang juga merupakan Direktur RSIA Gladiool.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.