Kompas.com - 15/05/2015, 13:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jika Anda ingin melakukan kegiatan yang bisa meningkatkan rasa bahagia, maka bercinta lebih sering bukanlah jawabannya.

Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan, frekuensi hubungan seks yang terlalu sering justru bisa membuat seseorang merasa kurang bahagia.

Studi tersebut dilakukan dengan membagi para responden dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta menggandakan frekuensi hubungan seks yang mereka miliki setiap minggunya, sementara kelompok kedua tetapi melakukannya dengan frekuensi normal mereka.

Di akhir penelitian selama 3 bulan, pasangan dari kelompok yang bercinta lebih sering ternyata merasa kurang bahagia dibanding saat di awal mulainya studi.

"Hasil penelitian ini mengejutkan dan mengecewakan. Tadinya kami berharap orang yang berhubungan seks lebih sering akan menikmatinya dan lebih bahagia, sehingga bermanfaat positif bagi hubungan," kata ketua peneliti George Loewenstein, profesor ekonomi dan psikologi dari Carnegie Mellon University, Pittsburgh.

Walau begitu, bukan berarti bercinta lebih sering akan mengurangi kebahagiaan. Hal itu bisa terjadi kemungkinan besar karena pasangan yang menjadi responden diperintahkan untuk bercinta.

"Apa pun yang kita lakukan karena memang menginginkan atau karena diperintah bisa berdampak sangat besar pada seberapa besar kita menikmatinya," kata Loewenstein.

Sebenarnya sudah cukup banyak penelitian yang mengaitkan antara seks dan kebahagiaan. Salah satunya adalah analisis terhadap 16.000 orang dewasa di AS yang menunjukkan, orang yang sering bercinta memiliki tingkat kebahagiaan lebih tinggi.

Bagaimana pun hubungan seksual adalah hal yang penting dalam pernikahan. "Banyak orang menganggap seks adalah aktivitas paling menyenangkan. Ini baik untuk kesehatan dan juga bisa membakar kalori," kata Loewenstein.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.