Kompas.com - 26/05/2015, 12:00 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com – Kebiasaan konsumsi makanan manis terlalu banyak tak hanya bisa menyebabkan diabetes, tapi juga membuat kulit cepat keriput. Asupan gula yang terlalu tinggi pada makanan manis, dapat merusak kolagen kulit. Padahal, kolagen dibutuhkan untuk membuat kulit halus dan kencang.

"Kalau kebanyakan makan gula, produksi kolagennya enggak bagus. Kolagen jadi gampang rusak sehingga membuat orang lebih cepat mengalami penuaan," ujar dokter Grace Judio Kahl, MSc, MH, CHt dalam acara Jakarta Health Week di Atrium Senayan City beberapa waktu lalu.

Secara alami, produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia. Itulah mengapa, makin lama tubuh mengalami penuaan, termasuk bagian kulit yang terlihat secara fisik. Namun, kebiasaan konsumsi makanan tinggi gula dapat mempercepat proses penuaan. Grace mengatakan, batasan konsumsi gula, yaitu maksimal empat sendok makan atau sekitar 50 gram per hari.

Banyak orang tak menyadari asupan gulanya berlebihan, apalagi jika selalu membeli makanan cepat saji. Selain gula, yang bisa membuat kulit cepat menua yaitu merokok atau terkena paparan asap rokok. "Merokok membuat sel tubuh enggak bisa regenerasi dengan baik. Akhirnya timbul kerut-kerut, bikin terlihat tua, dan kulit kusam," terang Grace.

Agar tetap awet muda, menurut Grace, terapkanlah pola makan dan gaya hidup sehat. Selain membuat wajah terlihat awet muda,  juga menghindari dari risiko terkena penyakit degeneratif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.