Kompas.com - 18/07/2015, 09:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anak pertama memang memiliki kecerdasan lebih tinggi dibanding adik-adiknya, tapi perbedaan tingkat IQ-nya tidak terlalu tinggi.

Hasil penelitian yang melibatkan 377.000 anak sekolah menyimpulkan, anak sulung memang memiliki IQ lebih tinggi dan memiliki perilaku yang positif dibanding adik-adiknya.

Meski begitu, perbedaan tingkat kecerdasan anak sulung dengan adiknya tidak terlalu signifikan sehingga kurang berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Anak sulung cenderung lebih extrovert (berkepribadian terbuka), punya rasa ingin tahu yang tinggi dan mudah setuju. Selain itu anak pertama juga lebih jarang panik dibanding anak yang lahir di urutan kedua dan seterusnya.

"Anak pertama memiliki keuntungan tingkat IQ 0.02 lebih tinggi. Walau perbedaan itu secara statistik signifikan tapi sebenarnya tidka bermakna," kata Rodica Damian, profesor psikologi dari Universitas Houston.

Karena perbedaan itu sedikit, menurut Damian, seharusnya hal ini tidak berpengaruh pada pola asuh orangtua.

Ia mengatakan, untuk memastikan perbedaan IQ seorang anak berdasarkan urutan lahirnya, seharusnya penelitian dilakukan jangka panjang, mengumpulkan nilai tes IQ dan data kepribadian sampai anak mencapai usia tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.