Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2015, 16:00 WIB

TANYA:
 
Dok, saya mau bertanya tentang kondisi adik saya. Ia sudah berusia 17 tahun, tetapi sampai saat ini belum pernah mendapatkan menstruasi. Apakah hal itu wajar, Dok? Perlukah saya membawanya ke dokter? Terima kasih.
 
Fitri, Jakarta


JAWAB:

Fitri yth,

Tentang adiknya yang belum haid pada usia 17 tahun memang sudah tidak wajar. Tanda kesuburan secara umum bisa dilihat seperti pada payudara yang membesar, pinggul yang membesar, dan tumbuhnya rambut ketiak atau pubis.

Selanjutnya kita juga dapat periksa kesehatan reproduksi bagian dalam dengan USG, bagaimana keadaan rahim dan kedua indung telurnya. Kalau semuanya normal, maka kita tunggu saja.

Tetapi, kalau kita mencurigai sesuatu, seperti organ kandungan yang tidak/kurang berkembang, maka kita bisa periksa laboratorium hormonal ataupun cek kromosom.

Bila kita sudah punya kesimpulan, maka yang penting adalah bagaimana sikap kita menghadapi persoalan ini. Sering kali kita tidak memerlukan obat untuk terapinya, tetapi lebih ke arah konseling. Demikian penjelasan saya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com