Kompas.com - 20/07/2015, 19:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Penurunan fungsi ginjal berjalan perlahan dan tidak bisa kembali normal, karena itu pencegahan menjadi langkah penting untuk menjaga organ penyaring racun sisa dalam darah ini tetap prima.

Dokter Lydia D. Simatupang, ahli ginjal dan hipertensi dari RS Pondok Indah di Puri Indah Jakarta mengatakan, mengonsumsi makanan dengan diet seimbang dan minum air putih secara cukup merupakan pencegahan penyakit ginjal paling penting.

"Sedapat mungkin hindari makanan, minuman, obat-obatan, suplemen, dan zat-zat lain yang bersifat menggaggu ginjal," papar Lydia.

Prioritas utama dalam menghadapi penyakit ginjal adalah dengan mengendalikan penyebabnya. Ini berarti, jika mengidap tekanan darah tinggi, diabetes melitus, atau memiliki kolesterol tinggi, jaga agar penyakitnya tetap terkendali.

Mintalah petunjuk dokter tentang pola makan yang tepat dan juga obat-obatan. Hindari mengonsumsi obat bebas dalam jangka panjang.

"Obat-obatan yang sering dikonsumsi masyarakat dan dibeli bebas sudah diketahui dapat menyebabkan penyakit ginjal adalah obat golongan antinyeri non-steroid dan obat-obatan pelangsing," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.