Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tanda Hitam di Ibu Jari, Ternyata Gejala Kanker Melanoma

Kompas.com - 21/07/2015, 10:17 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com
– Betapa kagetnya Melanie Williams ketika dokter mendiagnosanya dengan melanoma, yaitu kanker kulit yang paling mematikan. Melanie tak pernah menyangka, tanda hitam pada jarinya merupakan tanda kanker melanoma.

Mulanya ia mengira tanda hitam itu adalah infeksi jamur biasa atau kutil. Untuk meningkatkan kesadaran akan melanoma, Melanie pun mempublikasikan foto jarinya yang hitam itu di media sosial Facebook.

“'Lihat ibu jari saya? Apakah Anda tahu apa itu? Ini kanker kulit," tulis Melanie dalam akun Facebook.

Melanie beruntung, kanker tersebut belum menyebar ke organ tubuh lainnya. Pekan depan setelah ia mempublikasikan foto itu, melanie akan menjalani operasi melanoma di ibu jarinya. Melanie kemungkinan akan kehilangan ibu jarinya.

Melanie mengaku fotonya itu bukan untuk mengundang simpati masyarakat, melainkan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya mengetahui gejala awal melanoma sebelum menyebar.

Foto Melanie yang memperlihatkan kuku hitamnya itu pun telah disebarluaskan 90.000 kali dan disukai 16.000 pemilik akun facebook. Melanie mengimbau masyarakat untuk segera periksa ke dokter jika terjadi perubahan atau pertumbuhan pada kulit.

Menurut dokter, gejala melanoma sering tak disadari manusia. Melanoma biasanya muncul bintik hitam seperti tahi lalat di bagian punggung, wajah, tangan, dan kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com