Kompas.com - 21/07/2015, 10:17 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
– Betapa kagetnya Melanie Williams ketika dokter mendiagnosanya dengan melanoma, yaitu kanker kulit yang paling mematikan. Melanie tak pernah menyangka, tanda hitam pada jarinya merupakan tanda kanker melanoma.

Mulanya ia mengira tanda hitam itu adalah infeksi jamur biasa atau kutil. Untuk meningkatkan kesadaran akan melanoma, Melanie pun mempublikasikan foto jarinya yang hitam itu di media sosial Facebook.

“'Lihat ibu jari saya? Apakah Anda tahu apa itu? Ini kanker kulit," tulis Melanie dalam akun Facebook.

Melanie beruntung, kanker tersebut belum menyebar ke organ tubuh lainnya. Pekan depan setelah ia mempublikasikan foto itu, melanie akan menjalani operasi melanoma di ibu jarinya. Melanie kemungkinan akan kehilangan ibu jarinya.

Melanie mengaku fotonya itu bukan untuk mengundang simpati masyarakat, melainkan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya mengetahui gejala awal melanoma sebelum menyebar.

Foto Melanie yang memperlihatkan kuku hitamnya itu pun telah disebarluaskan 90.000 kali dan disukai 16.000 pemilik akun facebook. Melanie mengimbau masyarakat untuk segera periksa ke dokter jika terjadi perubahan atau pertumbuhan pada kulit.

Menurut dokter, gejala melanoma sering tak disadari manusia. Melanoma biasanya muncul bintik hitam seperti tahi lalat di bagian punggung, wajah, tangan, dan kaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.