Kompas.com - 31/07/2015, 11:45 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Memenuhi kebutuhan cairan tubuh sepertinya sangat sederhana bukan? Hanya minum air. Hal itu memang tidak salah, tetapi sebenarnya ada beberapa kekeliruan yang sering tidak kita sadari saat menghidrasi tubuh.

1. Minum air saat olahraga, bukan sebelumnya
Walau Anda secara rutin minum air saat sedang berolahraga, risiko sakit kepala tetap ada jika sebelumnya Anda kurang minum. Kita disarankan untuk minum setidaknya 250 ml air sekitar 30 menit atau satu jam sebelum olahraga.

2. Minum delapan gelas air sehari
Sebenarnya, kebutuhan air seseorang sangat bergantung pada berat badan dan juga aktivitas. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan cairan dari makanan seperti sayur dan buah. Apel, misalnya, jika kita makan sebuah apel, itu setara dengan secangkir air.

3. Menghindari kopi dan teh agar tak dehidrasi
Minuman berkafein seperti kopi dan teh memang bersifat diuretik atau menarik cairan keluar tubuh. Namun, jika Anda sering lupa minum air putih, teh dan kopi tetap lebih baik daripada tidak ada asupan.

4. Jarang minum
Jangan hanya minum air saat merasa haus, kepanasan, atau berolahraga. Saat kita duduk di ruangan yang dingin dan sering tidak terasa haus pun kita tetap memerlukan air.

5. Minum sebelum atau setelah makan
Tak ada yang salah dengan minum segelas air sebelum makan untuk membuat terasa lebih kenyang, tetapi sebenarnya akan lebih baik jika kita minum sedikit-sedikit di sela waktu makan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.