Kompas.com - 16/08/2015, 20:42 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sudah tidur delapan jam dan merasa tak kurang tidur, tapi mengapa masih merasa tak berenergi? Pakar diet dan fitness Rebecca Scritchfield mengatakan bahwa ketika beberapa klien mengeluhkan merasa tak berenergi, biasanya mereka melewatkan dua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dua nutrisi ini jika terpenuhi akan membuat tubuh lebih berenergi dan tak lagi merasa kelelahan.

“Jika selama ini Anda tidur dengan baik, dari segi kuantitas maupun kualitas dan rutin berolahraga, tapi tubuh tetap terasa tak berenergi, ini saatnya Anda memerhatikan asupan makanan dan seberapa berkualitas makanan Anda,” ujar Rebecca.

Setiap ada keluhan lelah dan tak bertenaga, Rebecca meminta kliennya untuk mencatat semua makanan yang dikonsumsi dalam sebuah jurnal. Hasilnya, saat diperhatikan kembali, ia melihat dengan konsisten bahwa ada dua nutrisi yang dilewatkan oleh kliennya, yaitu vitamin B dan zat besi.

Vitamin B

Makanan yang diperkaya vitamin B adalah buah-buahan, sayur-mayur, biji-bjian, kacang-kacangan, susu, dan produk turunan susu. Ini adalah kelas terbesar dari vitamin, karena itu penting untuk mengonsumsinya dalam berbagai jenis. “Vitamin ini akan membantu tubuh melepaskan energi dari makanan,” jelas Rebecca.

Zat besi

Karena zat besi membawa oksigen ke seluruh sel-sel dalam tubuh, Rebecca mengatakan mengonsumsi makanan yang diperkaya zat besi seperti daging, ayam, kacang-kacangan, dan telur akan berdampak langsung pada peningkatan energi dari hari ke hari. Para wanita umumnya memiliki kadar zat besi yang rendah, sehingga sangat penting untuk memerhatikan asupan zat besi.

“Ketika para klien mulai mengubah pola makan termasuk mengonsumsi dua nutrisi ini, mereka langsung merasa tubuhnya membaik, seakan ini terjadi secara instant. Tapi, menurut saya ini pengaruh dari mental dan fisik. Karena, ketika mereka merasa membaik, mereka tidak mencoba menambah energy dengan mengonsumsi makanan tinggi gula,” ungkapnya.

Yang perlu diingat adalah, Anda akan merasa lebih baik ketika Anda menjaga diri Anda sendiri. “Tidur cukup, konsumsi makanan sehat, dan ketika Anda merasa lebih baik, energi Anda pun pasti akan kembali,” ujar Rebecca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.